Tahapan dan Tipe Orang Kreatif



Sebelumnya, kita telah mengetahui apa itu kreatif dan mengapa penting untuk menjadi kreatif. Nah, kali ini, kita akan mengetahui bagaimana proses seseorang dalam berpikir kreatif. Untuk menjadi kreatif ada 3 tahapan yang harus dilalui oleh seseorang yaitu:

1. Tahap Kejelasan
adalah tahap dimana kita memastikan tentang masalah apa yang sedang terjadi di sekitar kita. Beberapa orang ingin kreatif, namun mereka sendiri tidak mengetahui permasalahan yang ada di sekitarnya. Maka dari itu, untuk menjadi kreatif, tahap pertama yang harus dilalui adalah mengetahui apa masalah yang sedang terjadi.

2. Tahap Menemukan Ide
Adalah saat dimana ide kreatif untuk menyelesaikan masalah muncul. Tahap ini adalah elemen dasar pemikiran atau kapasitas dasar untuk membentuk ide-ide  atau objek pemikiran yang ditangkap baik secara visual  konkret atau abstrak. Metode ideation diantaranya adalah mencurahkan ide (brainstrorming), termasuk menggali solusi sebanyak mungkin.

3. Membangun dan Melaksanakan Ide
Nah, selain menemukan ide, maka ide tersebut sudah selayaknya untuk dijalankan. Tahap ini adalah tahap dimana ide tersebut diimplementasikan dalam aksi nyata. Kreativitas yang sukses adalah kreativitas yang melibatkan  ide –ide praktis dan meyakinkan.

Kreativitas bisa dilatih dan ditumbuhkan dalam diri setiap orang. Namun, setiap orang memiliki spesialisasi tersendiri pada tiap-tiap kreativitas yang Ia miliki. Ada beberapa spesialisasi / tipe orang-orang kreatif yaitu sebagai berikut:

1. Sang Pemecah Masalah
Sang pemecah masalah ini adalah orang-orang yang berupaya memecahkan suatu masalah yang timbul. Contoh dari sang pemecah masalah adalah penemu, dokter, peneliti, penasihat, dan lain sebagainya.

2. Orang yang Artistik
Pernahkah anda melihat seseorang yang bisa memvisualisasikan idenya dalam bentuk yang sangat indah? Mungkin mereka termasuk tipe orang kreatif yang artistik. Tipe ini adalah orang-orang yang menciptakan karya (seni) seperti lukisan, musik, film, tarian, teater, dan sebagainya.

3. Orang yang Mengadopsi Kreativitas sebagai Gaya Hidup
Pemimpin yang kreatif dalam memimpin anggotanya, dapat dikatakan bahwa ia mengadopsi kreativitas sebagai gaya hidupnya. Orang ini menjadi sangat kreatif baik di lingkungan kerja, di rumah bahkan dimanapun. Baik dengan cara  yang ekstrovert ataupun introvert. Contohnya adalah pemimpin kreatif, wirausaha, Ibu rumah tangga yang kreatif, dll.

Demikianlah tahapan dan tipe kreatif. Cermati dan kembangkan lagi potensi kreativitas dalam diri. Karena setiap orang memiliki potensi-potensi yang luar biasa dalam dirinya.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment