Oleh-oleh Khas Bogor yang Tidak ada di Kota Manapun

Oleh-oleh khas Bogor - Berwisata ke Bogor tidak lengkap jika tidak menikmati oleh – oleh khas Bogor. Oleh-oleh khas Bogor beraneka ragam mulai dari yang berasa gurih, manis, asin sampai yang pedas. Tidak perlu bingung untuk memilih oleh-oleh apa yang akan dibawa selepas dari kota Bogor. Bika bogor bisa jadi pilihan yang tepat. Bika bogor tidak luput dari lirikan para pembeli jajanan oleh-oleh khas bogor bahkan sampai kalangan artis.

Bika Bogor Talubi Oleh-oleh Khas Bogor
Bika Bogor Talubi Oleh-oleh Khas Bogor


Bika bogor ini berbeda dengan kebanyakan bika pada umumnya, terutama bika Ambon. Cita rasa bika bogor yang ditampilkan adalah manis yang khas tanpa rempah – rempah seperti bika Ambon. Bika Bogor menggunakan bahan – bahan berkualitas seperti santan, kuning telur, gula pasir ( gula pasir asli bukan pemanis buatan) dan tepung sagu. Sebagai bahan pokoknya adalah hasil bumi petani Bogor yaitu talas dan ubi. Tekstur talas dan ubi yang lembut inilah memberikan sensasi kelembutan pula pada bika bogor. bika bogor memiliki rongga khas bika yang sempurna disetiap bagiannya.


Proses Pembuatan Oleh-oleh Khas Bogor, Bika Bogor Talubi


Berbeda dengan bika ambon yang terkadang memberikan tampilan agak keras (bantet), karena terbuat dari tepung saja. Ubi jalar yang digunakan untuk membuat bika bogor adalah ubi madu, ubi pilihan dengan rasa manis yang benar-benar khas. Nilai gizi bika bogor pun lebih terjamin mengacu pada bahan yang digunakannya yaitu talas dan ubi. Talas, mengandung karbohidrat yang rendah lemak berbagai vitamin (vitamin C, vitamin B6, vitamin E) serta kandungan mineral alam. Ubi madu, mengandung kadar kalori tinggi, tinggi serat, anti oksida, vitamin A, vitamin C dan kaya mineral alam ( mangan, tembaga, kalium, dan fosfor). Cara pembuatan bika bogor talubi dengan cara dipanggang dalam oven. Proses pemanggangan untuk mendapatkan bika matang sebanyak dua kali. Adapun proses pembuatan bika dari awal sampai akhir:

Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat adonan. Bahan adonan terdiri dari dua macam,talas dan ubi. Pertama – tama kupas talas sampai bersih dan dipotong – potong kecil untuk memudahkan pencucian. Selanjutnya cuci potongan – potongan talas menggunakan air garam untuk menghilangkan lendirnya dan menghilangkan rasa gatal. kukus talas sampai matang (sudah empuk) lalu angkat dan didinginkan. Begitu pula dengan ubi, kupas ubi sampai bersih kemudian potong kecil – kecil dan cuci sampai bersih. Setelah dicuci kukus ubi sampai matang, angkat dan dinginkan. Seletah kedua bahan dingin, dilanjutkan dengan memblender talaas dan ubi lalu saring. Kemudian kocok adonan talas dan ubi dengan kuning telur untuk menghasilkan rongga khas bika. Sebelumnya lakukan penyaringan sampai benar – benar lembut.

Langkah kedua adalah membuat adonan bika. Adonan bika dibuat dengan cara mencampur tepung sagu, adonan talas dan ubi serta kuning telur menggunakan mixer sampai merata. Setelah merata masukkan gula pasir dan adonan talas dan ubi bersama kuning telur bersama ragi. Aduk semua bahan sampai merata dan biarkan kurang lebih selama 2 (dua) jam supaya proses  fermentasinya sempurna.

Selanjutnya langkah yang ke tiga berlanjut dengan pemberian rasa dan warna yang sesuai dengan varian rasa. Hijau untuk cocopandan, ungu untuk talas, kuning untuk ubi madu atau nangka.

Langkah yang keempat adalah proses memanggang. Pemanggangan dilakukan dua kali untuk menghasilkan matang yang merata antara bagian atas dan bagian bawah. Untuk bika loyangan membutuhkan waktu kurang lebih satu jam hingga matang. Jika bagian bawah sudah matang hanya dibutuhkan 2 (dua) menit saja untuk mematangkan bagian atasnya.

Selesai sudah pembuatan bika bogor talubi.

bika bogor cocopandan oleh oleh khas bogor
bika bogor cocopandan oleh oleh khas bogor


Selanjutnya varian rasa yang dihasilkannya adalah sebagai berikut:

  1. Bika bogor talubi loyangan rasa talas original, dibandrol dengan harga Rp 38.000,- per kotakya.
  2. Bika bogor talubi loyangan rasa cocopandan, dibandrol dengan harga Rp 38.000,- per kotakya.
  3. Bika bogor talubi loyangan rasa nangka, dibandrol dengan harga Rp 38.000,- per kotakya.
  4. Bika bogor talubi loyangan rasa ubi madu, dibandrol dengan harga Rp 38.000,- per kotakya.
  5. Bika bogor mini, bika dengan bentuk kecil dibandrol dengan harga  Rp 32.000,- per kotaknya. Setiap kotak berisi 10 pcs bika kecil dengan 3 (tiga) macam varian rasa, talas original, cocopandan dan nangka.
  6. Bika bogor banana, bika dengan bentuk dan rasa pisang asli dibandrol dengan harga Rp 32.000,-


Selain bika, bika bogor talubi juga menyajikan aneka oleh-oleh khas Bogor yang lainnya sehingga dapat memenuhi selera konsumen seperti di bawah ini:

  1. Lapis talubi, lapis taubi dibandrol dengan harga Rp 29.000,- per kotaknya dengan 3 (tiga) macam varian rasa. Ada lapis talubi rasa talas original, lapis talubi rasa greentea dan lapis talubi rasa coklat.
  2. Nastar talubi, nastar talubi dibandrol dengan harga Rp 35.000,- per kotak dengan dua macam varian rasa selai. Ada selai nanas dan selai durian.
  3. Lapis kekinian talubi, lapis kekinian yang mewah ini dibandrol dengan harga Rp 25.000,- per pcsnya. Varian rasa yang ditawarkan adalah lapis kekinian talas original, redvelvet vanilla, talas greentea, talas oreo dan talas coklat.
  4. New York Style Banana Cheese Cake, kue ini dibandrol dengan harga Rp 30.000,- setiap dusnya. Dalam satu dus terdapat 6 banana cream cheese. Varian rasa yang ditawarkan adalah strawberry cheese cream , chocolate cheese cream dan banana cheese cream.

Berkunjung ke outletnyapun tidaklah susah karena lokasinya strategis di kota Bogor. Ada 3 (tiga) outlet yaitu:

  1. Jl Padjajaran 20 M 
  2. Jl. Sholeh Iskandar No 18 B Bogor
  3. Jl. Raya Gadog Sebelah vimala Hills (Puncak-Bogor). 

ketiga tempat ini lokasinya mudah ditemukan di kota bogor. bika bogor talubi buka dari 07.00 WIB sampai 22.00 WIB, hari libur tetap buka.
Semoga artikel ini menjadi referensi bagi anda yang ingin menikmati wisata Bogor sekalian membawa oleh-oleh khas Bogor. Karena oleh-oleh khas Bogor ini tidak ada di daerah manapun, bagi yang ingin mencicipinya  tanpa datang langsung ke Bogor dapat menghubungi kontak bika bogor talubi :
WA : 08884829626 atau 
line : @bikabogor (jangan lupa pakai @ ya). 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment