Oleh-oleh khas Bogor Favorite Keluarga ~ Sandblog | Dunia Digital Marketing

Oleh-oleh khas Bogor Favorite Keluarga

Wisata bogor selalu memberikan yang baru, inovatif, kreatif dan menarik untuk diperhatikan. Dari tempat – tempat wisatanya yang beraneka macam pilihan dengan tema yang benar – benar alami seperti perkebunan sampai yang ada unsur buatannya pun tidak kalah menariknya. Berbicara tentang wisata Bogor pasti sangat erat hubungannya dengan kuliner khas Bogor. Kuliner khas Bogor selalu dapat menyajikan jajanan – jajanan khas kota hujan ini yang tidak bisa didapatkan di daerah lain. Layaknya sebuah tradisi kuliner khas bogor selalu mendapatkan perhatian dari kalangan wisatawan yang mengunjungi wisata Bogor. Bagi anda yang ingin mengunjungi kota Bogor, artikel ini bisa memberikan gambaran apa saja kuliner khas Bogor yang selalu menjadi favorit keluarga.

Bika Bogor Talubi Oleh-oleh Khas Bogor
Bika Bogor Talubi Oleh-oleh Khas Bogor


Ketika sampai di Bogor pastikan tidak melewatkan jajanan yang satu ini, “Bika Bogor Talubi” . Bika bogor talubi menjadi kuliner khas bogor yang sangat diminati oleh semua kalangan.  Berbicara tentang bika pasti akan terfikirkan dengan bika Ambon dengan rasa khasnya campuran serbuk kunyit,  serei, daun jeruk dan biasanya bika ambon itu full tepung. Bagi sebagian orang akan merasa enek dengan campurannya dan tidak jadi untuk mencicipi bika. Tetapi jangan salah, oleh-oleh khas bogor yang satu ini “Bika Bogor talubi” tidak menggunakan campuran – campuran itu. Bahan -bahan yang digunakan benar – benar hasil bumi dari kota hujan ini yaitu talas dan ubi. Itulah yang menjadi ciri khas bika bogor pertama dan satu – satu nya bika yang terbuat dari talas dan ubi asli. Sesuai pula dengan program pemerintah untuk lebih memanfaatkan hasil bumi sebagai bahan makanan pokok seperti halnya umbi – umbian ini.

Dengan menggunakan bahan baku ubi dan talas bika yang dihasilkan teksturnya lebih lembut dan tidak cepat mengeras ketika berada dalam suhu ruangan. Ubi yang dipilih pun bukanlah ubi biasa pada kebanyakannya melainkan ubi madu dengan rasa yang lebih manis. Rasa ini semakin menambah sensasi pasa rasa bika hasil olahannya. Sebagai oleh – oleh khas bogor, Bika Bogor talubi juga memperhatikan kesehatan. Pembuatan bika yang satu ini tidak menggunakan bahan pengawet . meskipun tidak menggunakan bahan pengawet tetapi bika bogor memiliki ketahanan yang cukup baik yaitu 4 (empat) hari di dalam suhu ruangan dengan tidak berubah tekstur , rasa dan kelembutannya.

Bika bogor talubi memberikan berbagai macam varian rasa untuk produk bika nya. Varian rasa tersebut adalah: kue bika bogor rasa talas original, kue bika bogor rasa nangka, kue bika bogor rasa ubi madu, kue bika bogor rasa cocopandan, kue bika bogor banana (bika dengan bentuk dan rasa pisang asli) dan satu lagi perpaduan antara ketiga varian rasa ( talas original, nangka, coco pandan) dalam satu kemasan yang lebih akrabnya dikenal dengan bika bogor mini. Meskipun banyak varian rasa yang disuguhkan semuanya memiliki pemikat lidah tersendiri bagi setiap penikmatnya. Oleh-oleh khas bogor ini memberikan sensasi yang bikin nagih pada setiap rasanya dan menjadi favorite keluarga.

Bika Bogor Mini Oleh-oleh Khas Bogor
Bika Bogor Mini Oleh-oleh Khas Bogor


Bika bogor mini, sesuai dengan namanya “mini” bentuk dari bika ini dibuat sedemikian rupa sehingga pas dalam sekali hap. Meskipun bentuknya kecil bika mini ini cenderung lebih banyak diminati karena dalam satu kemasannya terdapat 10 pcs bika kecil dengan 3 (tiga) varian rasa yaitu bika mini rasa nangka, bika mini rasa talas original dan bika mini rasa coco pandan. Bika mini menjadi bika yang berwarna warni dalam setiap kemasannya, untuk rasa talas original berwarna ungu, rasa nangka berwarna kekuning – kuningan sejajar dengan warna nangka matang, sedangkan rasa coco pandan berwarna hijau. Pada dasarnya untuk cita rasa bika bogor mini menampilkan rasa yang tidak berbeda dengan bika loyangan hanya saja bentuknya yang dibuat lebih praktis saja.

Bika bogor mini, dengan ukuran khasnya yang kecil – kecil imut cocok banget buat teman ngopi, ngeteh maupun dibawa camilan untuk perjalanan jauh karena tidak perlu ribet membawa pisau jika ingin menikmatinya langsung. Bagi pecinta bika dan ingin menikmati berbagai macam varian rasa tetapi tidak mau mengeluarkan banyak uang bika mini ini menjadi pilihannya, harganya pun lebih ekonomis yaitu Rp 32.000,- setiap pack . Dengan bentuk yang kecil dan rasa manisnya pas dengan tekstur khas bika (berlubang – lubang) menambah daya tarik dari oleh-oleh khas bogor yang satu ini. Namanya selalu dapat mencuri hati setiap orang yang mengunjungi wisata bogor.

Bogor Banana Oleh-oleh Khas Bogor
Bogor Banana Oleh-oleh Khas Bogor


Penikmat wisata bogor perlu diketahui juga selain bika bogor mini pada outlet bika bogor talubi varian bika yang lainnya adalah bika banana. Agaknya bika yang satu ini berbau kebarat – baratan. “banana” dalam bahasa inggris yang artinya pisang. Dipilih nama banana pastinya untuk menggambarkan oleh – oleh khas bogor yang satu ini. Mendengar namanya saja pasti sudah kebayang dengan pisang, pasti akan muncul berbagai macam pertanyaan. Inovasi seperti apa yang disajikan antara pisang dengan bika. Nah, inilah keunggulan talubi yang selalu memanfaatkan hasil alam, benar – benar hasil alam khas Bogor. Pisang pun sangat mudah dijumpai di Bogor. Selain itu kandungan pisang yang sangat baik untuk kesehatan mendukung dipilihnya pisang sebagai bahan campuran bika dengan terobosan baru bika rasa pisang.

Bika bogor banana menampilkan bentuknya yang khas pisang, dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai pisang dengan ukurannya pas di genggaman (sebesar dan sepanjang pisang raja sedang). Dengan bentuknya yang pas dalam sekali genggaman menambah praktis oleh-oleh khas bogor ini sebagai favorit keluarga. Dalam setiap pcs bika banana ini tersimpan kandungan gizi yang tidak dibayangkan sebelumnya. Dengan perpaduan talas, ubi, dan pisang tentunya semakin lengkap. Kandungan dalam setiap bika banana ini adalah karbohidrat yang diperoleh dari ubi dan talas, betakaroten dari ubi dan pisang serta berbagai jenis vitamin (vitamin A, vitamin C, vitamin B6). Selain itu, pisang sendiri adalah buah yang kaya mineral seperti kalium, potassium, folat, mangan, zat besi, sodium, dan magnesium . Dari bahan – bahan pilihan ini dapat dibayangkan kandungan zat gizi dari tiap gigitan bika banana. Ditambah lagi tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga benar – benar aman untuk kesehatan.

Bika bogor banana sama seperti halnya bika yang lainnya,  kelembutannya dengan tekstur berlubang di setiap bagiannya. Hanya saja berbeda dengan bika yang lainnya, bika banana menyajikan toping di atasnya. Dengan taburan keju  dan coklat pilihan di atas bika menambah menarik tampilannya serta menambah lengkap kandungan gizinya sehingga menarik untuk dicicipi. Cocok banget sebagai oleh – oleh untuk keluarga tercinta dan kerabat – kerabat penikmat kuliner khas bogor. Sudah tidak mengherankan jika kedua bika ini menjadi favorit keluarga.


bika bogor nangka oleh oleh khas bogor
bika bogor nangka oleh oleh khas bogor


Selain bika yang pas dalam sekali genggaman seperti bika bogor banana dan bika mini bika bogor talubi menyajikan bika loyangan seperti yang sudah disinggung di atas. Ukuran loyang yang digunakan adalah 9 x 21 cm, ukuran yang cukup besar.  Bika bogor loyangan rasa nangka, bika dengan tampilan khas agak kekuningan seperti buah nangka masak dengan rasa khas nangka. Varian ini cocok banget untuk pecinta buah nangka, karena dengan menikmati satu gigitan bika sudah mendapatkan sensasi rasa nangka yang benar - benar menggoda.  Selanjutnya adalah bika loyangan rasa ubi madu, bika loyangan rasa ubi madu menampilkan rasa kuning khas ubi madu. Rasanyapun manis dengan kelembutan yang pas, benar - benar memberikan sensasi yang memanjakan lidah.  Dan yang terakhir adalah bika dengan varian rasa talas original. Bika ini menampilkan warna ungu selayaknya umbi talas. Rasa original talas menambah kelezatan bika yang satu ini.
Produk lain dari bika bogor talubi yang tidak kalah menariknya diantaranya :


  1. Nastar  talubi, nastar dengan selai nanas dan nastar dengan selai durian. 
  2. Brownies talubi,  brownies ini memberikan tiga macam varian rasa: brownies kukus talas, ketan hitam talas,ketan hitam pandan. Ketiganya berbahan baku talas dan memiliki rasa yang memanjakan lidah pula.
  3. Lapis talubi, lapis lembut dengan manis benar - benar pas. Varian rasa yang disajikan ada rasa  cokelat, green tea, original. Lapis talubi rasa coklat dengan toping coklat serta  lapis original dan lapis green tea dengan toping keju yang lembut.
  4. Lapis kekinian talubi :Lapis kekinian talubi, lapis dengan balutan bolu lembut dan toping renyah di atasnya. Varian rasa yang disajikan Talas original, redvelvet vanilla, talas greentea, talas oreo, talas coklat. 
  5. New York Style Banana Cheese Cake : Banana cheese cake merupakan inovasi terbaru dari bika bogor talubi. Dari namanya sudah dapat dipastikan berkaitan dengan pisang. Paduan pastry yang kriuk dengan kue pisang di tegahnya yang empuk, tekstur lembut dan berasa banget pisangnya serta dengan adanya toping strawberry, chocolate dan banana cream cheese di atasnya yang membuat anda akan menjadi ketagihan disetiap gigitannya. Sensasi rasanya yang mewah akan membuat anda menikmati satu saja tidak cukup.

Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Bogor ini mudah karena lokasinya berada di 3 tempat yang strategis dengan jam buka mulai dari pukul 07.00 WIB sampai 20.00 WIB. Alamat outletnya ada di :

Jl Padjajaran 20 M , Bogor; Jl. Sholeh Iskandar No 18 B Bogor ; dan Jl. Raya Gadog Sebelah vimala Hills (Puncak-Bogor).

Bagi anda yang ingin mendapatkan info mengenai produk bahkan pemesanan pun dilayani dengan cepat (fast respon) cukup dengan menghubungi :
WA : 08884829626 atau
Line : @bikabogor ( jangan lupa pakai @ ya... ).

Bisa juga anda mendapatkan informasi dari media sosialnya :
facebook : bikabogor
instagram : @bikabogor.

Sobat wisata bogor jangan lewatkan ya oleh-oleh khas bogor yang satu ini karena kalau tidak anda dijamin menyesal, Bogor ya Bika bogor talubi..



Previous
Next Post »
Thanks for your comment