Pengertian Content Marketing, Penggunaan, dan Kelebihan-kelebihannya

Perkembangan dunia teknologi saat ini menyebabkan adanya persaingan ketat dalam memasarkan brand. Hampir setiap brand yang ada menggunakan media internet atau digital marketing dalam memasarkan produknya. Branding secara digital pun memiliki keunikannya tersendiri. Ada yang melalui iklan / placement, SEO, dan juga sosial media marketing. Baru-baru ini, muncul istilah baru, yaitu content marketing. Apa itu content marketing?

Secara bahasa, kita dapat mengartikan content marketing dengan sederhana. Yaitu memasarkan produk/brand melalui konten yang dibuat. Hal tersebut tidaklah salah. Namun, conten marketing tidaklah sesimpel itu.

"Content marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang bernilai, relevan, dan dibuat secara konsisten untuk menarik dan mempertahankan target audiens. Tentu saja, konten marketing ini juga bertujuan untuk mendorong audiens untuk mengambil tindakan yang menguntungkan."


Kelebihan Content Marketing

Banyak perusahaan-perusahaan besar baik di dalam ataupun di luar negeri yang menggunakan content marketing dalam memasarkan produknya. Bahkan tak jarang dari perusahaan-perusahaan tersebut yang menganggap bahwa content marketinglah yang menjadi ujung tombak dalam pemasaran secara digital. 

Secara sederhana, ada 3 kelebihan dari content marketing. kelebihan tersebut antara lain:
  1. Meningkatkan pendapatan.
  2. Lebih efektif dari segi finansial.
  3. Mendapatakan kustomer yang lebih loyal.
Mengapa bisa demikian? Mari kita cari jawabannya di pembahasan selanjutnya.

Penggunaan Content Marketing

"Content is the King"

Bagi sebagian orang, kata-kata ini tidaklah asing. Mereka yang sudah merasakan dahsyatnya kemampuan dari konten yang memiliki value / nilai sangat menyetujui pendapat ini. Hal tersebut dikarenakan konten yang berkualitas merupakan bagian penting dari sebuah pemasaran. Berikut pentingnya konten dalam berbagai lini pemasaran di digital marketing:
  1. Social media marketing: Sebelum membuat social media marketing strategy, konten yang akan disajikanlah yang harus dipertimbangkan dengan matang terlebih dahulu.
  2. SEO: Untuk meningkatkan rangking halaman website pada mesin pencari, diperlukan konten yang berkualitas dan konsisten.
  3. PR (public relations) : PR yang sukses akan menyajikan konten yang diinginkan oleh pembacanya, bukan yang diinginkan oleh brand yang menyajikan konten tersebut.
  4. Inbound marketing : Konten merupakan kunci untuk menghasilkan inbound traffic maupun leads ke website.
  5. Content strategy: Content strategy merupakan strategi pemasaran yang paling banyak memanfaatkan konten marketing.

"Marketing is impossible
without great content"

Untuk membuat konten yang berkualitas, bukan uang yang menjadi kunci utama, namun kreativitas. Itulah yang menyebabkan konten marketing menjadi lebih efektif dari segi finansial.

Mengapa Content Marketing Lebih Efektif?

Bicara tentang efektivitas suatu strategi marketing biasanya tak lepas dari iklan. Biasanya, setiap pemasar menggunakan iklan untuk membujuk pembeli berkunjung ke website, melihat-lihat produk, dan berujung pada pembelian.

Nyatanya, cara ini tidak lagi efektif saat ini. Para pengguna internet banyak yang sudah kebal terhadap iklan. Tak jarang pula yang menggunakan ad blocker untuk menghindari iklan. Bahkan rata-rata display ads hanya mendapat click through rate (CTR) sebesar 0.12%. Mengapa demikian? perhatikan gambar berikut ini:


Sumber : Lyfemarketing.com

Data di atas menunjukkan bahwa konten yang berkualitas lebih berpotensi untuk mendapatkan action dari pelanggan dibandingkan iklan yang dilakukan terus-terusan. Membuat konten yang berkualitas juga dapat membangun hubungan yang positif antara brand dan konsumen.

Selain itu, jika konten ini dipublikasikan secara konsisten, maka hal ini dapat mempengaruhi pikiran konsumen untuk menganggap bahwa brand tersebut adalah pemimpin pasar. Menmpublikasikan konten melalui pihak ketiga seperti media dan influencer juga dapat membangun rasa percaya antara brand dan konsumen.

Namun, ini bukan berarti content marketing bertentangan dengan iklan. Iklan tetap dapat di jalankan, namun bukan mempublikasikan / menjual produk secara langsung. Iklan dapat dipakai untuk mempublikasikan konten berkualitas yang dibuat. Konsumen akan lebih senang terhadap konten yang unik dibandingkan dengan iklan yang bersifat jualan. Anda pun begitu bukan?

Contohnya, ketika seorang perempuan mendapat informasi tentang produk kecantikan yang bernama Cetaphil Gentle Skin Cleanser, perempuan tersebut akan lebih memilih untuk percaya pada review cetaphil gentle skin cleanser pada blog-blog yang ada di mesin pencari dibandingkan dengan iklan display.

Fakta Menarik Seputar Content Marketing

Selain kelebihan-kelebihan yang sudah tertera di atas, banyak lagi fakta menarik yang sudah diteliti dari konten marketing. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Brand dengan content marketing penjualannya meningkat 6 kali lipat dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya. (ABG Essential)
  2. Setelah membaca review dari sebuah blog, 61% pembaca memutuskan untuk membeli produk tersebut. (Content Marketing Institute)
  3. Survey pada 74% perusahaan menunjukkan bahwa content marketing meningkatkan penjualan mereka. Baik dari segi kualitas maupun kuantitas. (Curata)
  4. Hubspot menginformasikan bahwa convertion rate dari website meningkat 6-12% setelah melakukan content marketing. (Hubspot)
Sumber gambar: lyfemarketing.com
Content marketing mampu meningkatkan penjualan dikarenakan pembeli merasa lebih dekat dan akrab dengan sebuah brand. Tidak hanya meningkatkan kepercayaan merek saja, namun content marketing memungkinkan adanya percakapan antara konsumen dan produsen.

Hasil dari content marketingpun memiliki jangka yang panjang, dimana konsumen yang sudah dekat dengan brand akan loyal terhadap brand tersebut. Efektivitas dari content marketing ini tentu menarik para digital marketers untuk mempelajari dan membangun content marketing pada brand yang ia tangani.

Masih bingung tentang content marketing? informasi selanjutnya, saya akan membahas tentang contoh-contoh strategi content marketing. Jangan lewatkan yaa. Semoga pembahasan di atas bermanfaat dan dapat menambah ilmu para pembaca.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment