Pengertian Tagline, Tujuan, Karakteristik, dan Dimensinya

Tagline adalah bagian dari iklan yang bertujuan agar iklan tersebut mudah diingat oleh konsumen. Terkadang orang sulit membedakan antara slogan dan tagline, bahkan para praktisi pemasaran sering menggunakan kedua istilah ini secara bergantian untuk maksud yang sama.

Tagline adalah kalimat singkat yang mendeskripsikan sebuah brand atau informasi persuasif tentang brand tesebut . Tagline ini merupakan suatu ungkapan pendek berisi pesan yang padat dan mudah diingat. Tagline dapat muncul pada iklan dan kemasan produk itu sendiri. Tagline merupakan alat yang sangat kuat untuk membangun sebuah brand dan dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap brand.

sumber gambar : sherpaindonesiaproject.blogspot.com


Tagline secara tradisional disebut dan ditetapkan sebagai jingles atau slogan . Tagline merupakan salah satu hal terpenting yang harus dimiliki oleh sebuah brand. Bagi suatu merek, tagline dapat menciptakan keselarasan arsitektur bagi suatu merek.

Pesan pada tagline diharapkan mampu untuk membujuk, membangkitkan, dan mempertahankan ingatan konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Maka dari itu, tagline memerlukan daya tarik bagi audience sasaran. Daya tarik tagline sangat penting, karena daya tarik ini akan meningkatkan keberhasilan komunikasi dengan audiens sasaran. Jadi, tagline adalah rangkaian kalimat pendek yang digunakan untuk mengasosiasikan merek(brand) dan bertujuan agar iklan tersebut mudah diingat oleh konsumen.

Tujuan Tagline

Suatu tagline yang populer bisa berdampak positif ataupun negatif terhadap brand. Tagline menjadi positif jika tagline teresbut dapat merepresentasikan merek. Namun, tagline yang populer dapat menjadi buruk jika tagline tersebut hanya menjadi quote-quote yang digunakan orang-orang tanpa mengikutsertakan nama brand tersebut .

Oleh karena itu, tujuan dari sebuah tagline harus didefinisikan secara jelas agar pebuatan tagline dapat fokus pada tujuan tersebut. Tujuan utama dari tagline adalah untuk membangun atau memperkuat merek, untuk melakukan hal ini, tagline harus melakukan hal-hal berikut :


  • Menyediakan kontinuitas untuk periklanan, tagline salah satunya komponen umum dari suatu periklanan multimedia yang bisa menjadikan iklan berbeda serta tagline yang baik telah melalui perubahan dalam strategi periklanan.
  • Memperoleh kejelasan mengenai suatu produk dengan menyiratkan suatu pesan produk. Menyiratkan suatu pesan produk di dalam tagline ini tentunya membutuhkan kreativitas yang tinggi disertai dengan kemampuan content marketing yang baik.

Karakteristik Tagline/Slogan

Berbeda dari elemen iklan yang lain, tagline dapat berganti seiring dengan berjalannya waktu . Ketika ada kreativitas dan tren yang bersifat lebih baru, tagline bisa saja mengikuti tren tersebut. Ada tiga karakteristik tagline/slogan sebagai berikut:


  1. Kesederhanaan/simple, dapat ditandai gambar tanpa kata-kata atau gambar yang didukung oleh kata-kata menarik. Pembutan slogan tidak harus logo merek produk dilakukan melainkan elemen visual yang unik terkait dengan produk yang berkaitan citra merek.
  2. Mudah diingat/Memorable, kesuksesan sebuah iklan salah satu yang tersimpan dalam memori konsumen sehingga penglihatan atau iklan yang mengutamaan suara dan iklan merek produk diingat oleh konsumen.
  3. Memperkuat merek/strong, slogan yang bermanfaat sebagai dasar perbedaan promosi iklan untuk produk sebuah slogan yang sukses telah memiliki rasa membangun kembali pengakuan dan keakraban dengan produk .
sumber gambar : https://www.youtube.com/watch?v=3yhJMspGhbg


Keberhasilan Tagline

Keberhasilan tagline dalam menjalankan fungsinya dapat dikur dengan 3 indikator atau dimensi, yaitu:

1. Familiarity

Tagline yang mudah diingat oleh konsumen dan mengetahui tagline iklan yang ditayangkan di televisi serta perubahan dalam tagline iklan tersebut.

2. Differentition

Perbedaan yang menjadi ciri khas yang dari produk-produk pesaing lainnya. Tagline yang dimiliki produk iklan sesuai dengan harapan konsumen. Misalnya produk dengan tagline "Mata Panda Hilang Hati Senang". Maka tagline tersebut harus memenuhi harapan konsumen yang ingin menghilangkan mata panda.

3. Message of Value

Sejauh mana efek pesan iklan yang disampaikan itu dapat menarik perhatian, dimengerti, dipahami, membangkitkan emosi dan menggerakkan sasarannya untuk memberikan tanggapan yang dikehendaki .

Nah, demikianlah pengertian, tujuan, karakteristik dan dimensi yang digunakan untuk mengukur keberhasilan tagline. Semoga bermanfaat dan menambah informasi bagi pembaca. Pelajari lebih dalam tentang dunia digital marketing lainnya bersama sandblog.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment