Pejuang Digital - Pengenalan TCEO Model

Sebelum membahas TCEO Model, saya akan berbagi pengetahuan kepada pembaca tentang pentingnya dunia digital. Pada tulisan ini, saya akan menceritakan tentang bagaimana belajar di Pejuang Digital mampu membuat mata saya lebih terbuka tentang dunia digital dan bagaimana cara kita untuk memanfaatkan dunia digital menjadi sebuah keuntungan. Tentunya bukan hanya keuntungan pribadi, tetapi juga keuntungan bagi negara dan bangsa Indonesia. Untuk tau lebih jauh tentang tempat saya belajar Digital Advertising, silahkan klik link ini

Kita tahu bahwa di dunia ini, kita harus mengikuti perkembangan zaman. Beradaptasi terhadap lingkungan yang terus berkembang adalah cara kita untuk bertahan hidup. Dinosaurus punah karena tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang terus berkembang. Sedangkan jerapah, mampu memanfaatkan lehernya yang panjang untuk bertahan hidup dengan mengambil daun yang tinggi. Penyesuaian terhadap lingkungan inilah yang harus kita lalui. Karena jika tidak,bisa saja kita berakhir seperti dinosaurus.

Tentunya saat ini saya tidak akan membahas tentang hewan purba. Ini adalah tentang lingkungan yang sedang kita jalani saat ini. Tak dapat dipungkiri, kita berada dalam lingkungan digital. Semua penuh dengan kemudahan melalui internet. Jika zaman dahulu orang bernyanyi "bangun tidur kuterus mandi", kini orang mulai beralih ke "bangun tidur kuterus melihat gadget". Hal ini tidak dapat dihindari. Namun tentu dapat kita manfaatkan menjadi sesuatu yang lebih baik. Hal inilah yang harus kita pelajari lebih dalam. Perhatikan gambar di bawah ini:

Source: 2016 Digital Yearbook

Melihat gambar tersebut membuat saya yakin dan percaya bahwa fase Digital saat ini sudah memasuki fase 'gila-gilaan'. Hal ini dapat terlihat dari pengguna internet yang luar biasa. Menyatukan orang-orang di seluruh dunia dalam satu tempat. Dapat berinteraksi dengan mudah, dapat bertransaksi dengan menggunakan internet dan lain sebagainya. Saya yakin pembaca pun sudah merasakan hal ini. Lalu bagaimana dengan penggunaan internet di Indonesia? perhatikan gambar di bawah ini:

Penggunaan Internet Di Indonesia


 
Source: 2016 Digital Yearbook

Gambar di atas adalah penggunaan internet di Indonesia. Luar biasa bukan? Penggunaan yang sedemikian besar sesungguhnya dapat menjadi bonus bagi negara Indonesia jika kita mampu memanfaatkannya. Sektor apapun mulai mengarah ke digital. Kali ini, saya akan memfokuskan pembahasan kepada Digital Advertising. Bagi penggemar dan para pejuang Digital Marketing, SEO, SEM, Social Media, dan yang berkaitan dengan hal tersebut, artikel ini tentunya sangat bermanfaat bagi kalian.

Perlu kita ketahui bahwa industri periklanan saat ini telah mengarahkan wajahnya ke Digital Marketing. Ini merupakan demand (kebutuhan) yang sangat besar. Namun, tahukah anda bahwa supllynya sangat kecil? Berdasarkan informasi dari Capgemini Consulting, 87% perusahaan merasakan bahwa digital marketing adalah kesempatan besar. Namun, pada kenyataannya, lebih dari 90% perusahaan masih membutuhkan skill yang memadai dalam hal digital.

Bagaimana cara menjadi seorang Digital Marketer yang handal? Pertama, hal yang paling mendasar yang saya pelajari bersama Pejuang Digital adalah TCEO Model. TCEO adalah singkatan dari Think, Create, Engage, dan Optimize. Perhatikan gambar berikuti ini:

Sumber: e-Marketing by Rob Stokes


Gambar di atas adalah gambaran dari TCEO Model. Berikut penjelasannya:
        1. Think
        adalah bagaimana kita merancang konten dan penggunaan Digital Marketing Tools berdasarkan riset. Pada tahap think ini, semua harus benar-benar jelas dan berbasis kepada data. Biasanya kita akan memulai dengan pertanyaan-pertanyaan seperti: Siapakah target audience kita? Bagaimana cara persuasi terhadap audience tersebut? Apa sajabehavior (Kebiasaan) dari target audience kita? dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang pada akhirnya akan membentuk suatu pola atau skema yang mampu menghasilkan strategi yang tepat. Penjabaran yang lebih mendalam tentang proses think akan dijelaskan pada Episode berikutnya.
        2. Create
        Setelah strategi dibuat, maka kita akan tahu, aset apa yang lebih baik untuk kita gunakan dalam mencapai target. Tahap create adalah tahap kita membuat aset-aset untuk mengkampanyekan konten atau produk kita kepada khalayak. 
        3. Engage
        Menggunakan media internet akan memungkinkan adanya komunikasi dua arah antara produsen dan konsumen secara langsung. Untuk hal ini, kita harus membangun relasi yang baik, serta memantau traffic mana yang cocok dan efektif selama kampanye berlangsung 
        4. Optimize
        Setelah kita engage, secara otomatis kita melakukan optimize. Setiap langkah yang kita lakukan, harus kita pantau dengan menggunakan data dan analisa. Hal ini bertujuan untuk membuat aset dan hubungan kita dengan konsumen menjadi lebih baik.

        Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang pengenalan TCEO Model pada episode kali ini. Informasi yang lebih mendalam akan dibagikan pada Episode selanjutnya. Terimakasih kepada para pembaca dan para mentor di Pejuang Digital.
        Previous
        Next Post »
        Thanks for your comment