Pejuang Digital - Website dan Jenisnya



Alasan Memiliki Website


Website adalah  suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi berdasarkan ilmu yang saya dapat bersama para Pejuang Digital, terdapat beberapa alasan mengapa kita harus memiliki website, jenis-jenis website, dan bagaimana cara yang paling efektif untuk mengelola website tersebut.

Mengapa kita harus memiiki website? Ada beberapa faktor yag menyebabkan kita harus memiliki website, diantaranya sebagai berikut:

Pertama, pelanggan saat ini memiliki kebiasaan untuk mencari barang melalui internet. Sebagai contoh, ketika kita membeli handphone, tentunya biasanya kita mencari testimoni di Internet terlebih dahulu, nah website merupakan jawaban agar testimoni baik dan spesifikasi produk dapat ditemui oleh palanggan
Kedua, Akses internet yang 24 jam, menjadi sebuah alasan yang realistis bahwa website adalah aset penting dalam dunia digital.
Ketiga, untuk menjaga pelanggan agar selalu mendapatkan informasi. Perlu kita ketahui bahwa pelanggan akan terus berusaha mencari informasi. Agar pelanggan terus mendapat informasi secara berkelanjutan, maka website adalah jawaban yang tepat.
Keempat, mempertahankan kredibilitas pasar. Jika tidak ada web resmi dari sebuah perusahaan, apakah perusahaan tersebut dapat dipercaya? Tentunya masih ada keragu-raguan. Bahkan perusahaan dengan menggunakan domain gratis pun masih belum dipercayai.
Kelima, Memperluas target pasar. Tanpa menggunakan website, mungkin ruang lingkup penjualan terbatas. Namun, dengan menggunakan website, apalagi disokong dengan SEO / SEM yang baik, tentunya akan membuat pasar semakin luas. Inilah yang diharapkan para digital marketer seperti kita.

Tipe-tipe Website

Kali ini, kita akan mengetahui apa saja tipe-tipe website yang biasanya dibuat. Berikut tipe-tipe website beserta kegunaannya:
a.  Corporate/Personal Website
Web yang saat ini saya gunakan, yaitu www.sandblog.com, adalah salah satu contoh personal website. Sedangkan web seperti www.unilever.com, www.danone.com, dan sejenisnya merupakan contoh corporate website. Corporate/personal website adalah website yang dibuat untuk menggambarkan perusahaan / diri seseorang serta memberikan informasi tertentu. Tujuannya adalah untuk mempertahankan kredibilitas, branding, dan mendapatkan calon pelanggan. Tujuan utama dari Website ini adalah mencari Leads Sebanyak-banyaknya.
Tips mengelola Website Corporate:
Tampilkan informasi produk atau service secara jelas, pastikan agar pelanggan dapat dengan mudah menghubungi  Anda.
b.  Website Media
Adalah website yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayaknya. Contohnnya sudah sangat banyak seperti www.detik.com, www.kompas.com, dan lain sebagainya. Tujuan pembuatan website untuk mendapatkan revenue dari iklan yang terpasang, semakin banyak iklan ditampilkan semakin besar potensi mendapatkan revenue. Maka dari itulah, website media sangat menginginkan banyak Page Views dari pembaca.
Tips mengelola Website Media:
Pemilihan informasi, gaya penyampaian bahasa serta kuantitas periode update membuat  user semakin banyak membuka halaman yang disajikan.
c.  Website Service
Pernahkah anda menggunakan website tertentu untuk mendownload dari youtube? Nah, website tersebut adalah salah satu contoh dari website service. Website service adalah website yang memberikan pelayanan atau pemberian fasilitas tertentu untuk memudahkan pelanggan. Jika memberikan secara gratis, bagaimana cara website ini agar bisa mendapatkan uang? Ada dua bisnis model untuk mendapatkan revenue dari tipe website ini, dengan iklan yang ditampilkan ataupun dengan premium user.
Tips Mengelola Website Service
Memberikan layanan secara gratis dengan fitur yang berguna dan mudah di gunakan menjadi hal yang utama bagi website service.
d.  Website E-Commerce
E-Commerce tentu sudah tidak asing lagi terdengar. E-Commerce adalah jual beli melalui media online. Sudah banyak pula website E-Commerce yang kita ketahui. Website E-Commerce adalah website yang keberhasilannya diukur dari  aktivitas sales (konversi dari pengunjung menjadi beli).
Tips Mengelola Website E-Commerce
Ketersediaan produk, tampilan produk yang menarik, kemudahan navigasi, fitur pembayaran menjadi beberapa faktor  user melakukan transaksi di web ini.

Ciri-ciri Website yang Baik

Accessibility
Berhubungan dengan masalah teknis
Contoh: dapat tampil sempurna jika di buka di Segala jenis browser (chrome, safari, firefox), dan Di berbagai jenis device (laptop, mobile, tablet)

Usability
Mudah digunakan dan dimengerti
Contoh: pemilihan posisi menu, kolom search, warna tombol, alur proses dll (user exprience dan user interface)

Searchability
Website dapat dicari di search engine
Cara: website telah mengimplementasikan  parameter agar  search engine friendly (khususnya search engine  google)

Discoverability
Mudah di share di sosial media
Contoh: ada tombol sosial media share atau Dapat komen dengan cara login sosial media Terlebih dahulu


Previous
Next Post »
Thanks for your comment