Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja SEO


A. Pengertian Search Engine Optimization (SEO)


Kali ini, pembahasan kita telah sampai pada Search Engine Optimization, atau biasa kita sebut SEO. Secara garis besar, Search Optimization dapat dikatakan sebuah upaya atau strategi yang kita lakukan untuk mengoptimasi web pada mesin pencari (dalam hal ini adalah google) agar web itu meningkat quality scorenya dalam suatu topik tertentu sehingga dapat meraih halaman yang lebih depan pada mesin pencarian.
Nah, kalo nyari di google, banyak banget teknik-teknik SEO yang bisa kita terapkan. Di sini yang akan Saya sampaikan adalah pengertian dan keuntungan dari SEO itu sendiri. Kalau teknik dan tipsnya akan disampaikan pada posting selanjutnya.

B. Keuntungan Mengoptimasi Search Engine

Ayo kita mulai dari sebuah pertanyaan. Mengapa kita harus mengoptimasi search engine? Di sini ada beberapa alasan keren yang membuat pembaca semakin ngebet buat  nekunin SEO. Berikut beberapa alasan mengapa SEO efektif untuk diterapkan:

1. Tidak membuat konsumen merasa terganggu
Konsumen yang menggunakan Search Engine, melakukan pencarian atas dasar keinginan mereka sendiri. Berbeda dengan iklan display atau pop up yang kerap mengganggu kita ketika browsing, optimasi melakukan search engine lebih aman dan membuat website kita “seolah” telah direkomendasikan sendiri oleh mbah google

2. Jangkauannya sangat luas (Google adalah situs pencari yang paling banyak digunakan di Indonesia)
Jangkauan Google sangat luas. Apalagi di negara kita (Indonesia). Saat ini di Indonesia, 96,25% pengguna internetnya menggunakan google untuk mencari sebuah informasi. 3,75%-nya mungkin menggunakan mesin pencari Yahoo ==>untuk mencari google haha :D

3. Meningkatkan kredibilitas perusahaan
Saat ita mencari sebuah brand atau produk, Perusahaan yang memuncaki klaseen pencarian di google tentunya dapat lebih kita percayai daripada perusahaan yang ada di halaman setelahnya.

4. Biaya Minimalis
Iklan di televisi, biayanya bisa mencapai ratusan juta. Namun, dengan SEO kita dapat mengoptimasi secara gratis. Bahkan ketika menggunakan Agency, biayanya tidak akan lebih mahal dari 3 juta rupiah. Sangat berpotensi untuk meningkatkan traffic perusahaan.

5. Mudah Dipantau
Iklan dengan media lain, sangat sulit untuk dipantau perkembangannya. Namun, SEO lebih mudah untuk kita pantau. Contohnya dengan mengetik keyword yang kita optimasi di search engine, tinggal kita lihat deh, sudah berapa jauh perkembangan website kita dan bagaimana perbandingannya dengan para kompetitor.

6. Long Term (jangka panjang)
Optimasi dan posting yang konsisten terhadap suatu topik pada suatu web, akan membuat web tersebut bertahan di halaman depan google dalam jangka waktu yang lebih lama. Contohnya saya lihat banyak sekali web yang judulnya sama dengan web ini, yaitu “Sandblog” dan perlahan-lahan saya mencoba mengoptimasi web ini agar tetap bertahan pada halaman 1 berdasarkan keyword “Sandblog”. Setelah mengoptimasi satu keyword, biasanya akan menjalar ke keyword-keyword terkait lainnya. Ayo semangat optimasinya para Pejuang Digital!

C. Cara Kerja Search Engine

Sebelum kita mengoptimasi Search Engine, kita harus paham dulu gimana cara kerja dari SEO itu sendiri. Salah Satu Cara Kerja SEO adalah dengan mengoptimasi  Keyword-keyword
potensial Pada suatu website terkait dengan topik yang diangkat pada web tersebut.


Seorang Pejuang Digital biasanya bisa mengkritisi sebuah web. Kita harus tau, kira-kira kelebihan dan kekurangan sebuah web, dan keyword apa yang cocok untuk diangkat (dioptimasi).



Gambar di atas adalah gambar tabel periodik faktor kesuksesan sebuah SEO. Kalau dilihat-lihat, mirip banget ya sama tabel periodik di pelajaran kimia. Haha. Tapi jangan khawatir, bagi seorang pejuang digital yang handal seperti para pembaca di Sandblog.com, tentunya tabel ini mudah dimengerti. Pada tabel ini dijelaskan Faktor Konten, HTML, Arsitektur, Links, Trust, sosial, dan faktor personal yang menjadi faktor penting kesuksesan dalam SEO.


Secara sederhana, kita melakukan SEO untuk meningkatkan rangking sebuah web. Rangking tersebut dapat memunculkan banyak traffic. Berdasarkan traffic itulah konsumen dapat mengambil keputusan sehingga mencapai konversi atau engagement. Berikut adalah simulasi dari keyword-keyword potensial yang dapat mencapai decision oleh konsumen.


Nah, gimana? Sudah mulai mengerti tentang SEO, Manfaat, serta cara kerjanya? Jika belum, it will be free to ask :) 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment