Pentingnya Belajar Digital Marketing

Kita semua sudah sadar bahwa dalam 10 tahun terakhir, perkembangan teknologi semakin pesat. Mulai dari media sosial, aplikasi-aplikasi Android, sampai dengan eksistensi E-Commerce. Perkembangan tersebut terus berkembang tanpa henti. Bagi yang tidak mengikuti, maka akan tertinggal dengan yang lainnya. Sudahkah kita lihat fenomena bisnis digital yang memakan bisnis offline? Ya, sudah banyak sekali. Perkembangan ini akan terus bertambah. Teknologi akan berjalan maju, tidak diam di tempatnya.

Mari kita lihat bagaimana ojek online yang memakan bisnis transportasi offline. Lalu fenomena pemesanan tiket online yang menyapu habis pemesanan tiket offline di loket. Serta jangan lupa dengan E-Commerce (situs jual beli online) yang dengan hebatnya membuat penjualan secara offline menurun. Fenomena ini akan terus berjalan, Tak hanya bidang transportasi dan jual beli barang saja, bisa jadi fenomena ini merambah ke bidang lain seperti makanan, pengobatan, pendidikan, informasi, dan lain sebagainya.

Kita tidak mampu untuk melawan perkembangan zaman. Namun kita perlu untuk mempelajarinya. Mari kita pelajari lebih dalam. Kira-kira, seberapa besar Audience media online yang bisa ditargetkan untuk usaha kita? perhatikan gambar berikut:

Sumber: APJII

Gambar tersebut menggambarkan seberapa besar potensi audience yang bisa tertarik dengan produk yang kita jual melalui internet. Bila dimaksimalkan, maka promosi secara online jauh lebih efektif dan hemat biaya dibandingkan dengan promosi offline. Data diataslah yang membuat para pebisnis online tertarik dan berhasil mendapatkan audiencenya. Bahkan dari data tersebut, bisa ditarik informasi yang lebih spesifik lagi seperti pada gambar berikut:

Sumber: APJII

Luar biasa bukan? Bahkan data pengguna internet bisa kita dapatkan hingga ke informasi pribadi. Contoh: dari 65% pengguna internet dipulau Jawa, berapa orang kah yang memiliki interest (kepedulian) terhadap orang tua? Atau Berapakah yang menyukai kucing? Berapakah yang berpendidikan sampai S2? dan lain sebagainya. Semua data tersebut bisa kita dapatkan secara cepat dan dapat menjadi audience yang potensial bagi produk yang kita jual.

Oleh sebab itu, digital marketing sangat penting untuk kita pelajari. Bagaimana cara mengoptimasi suatu iklan agar menyasar audiens yang tepat? Hal tersebut bisa dicek di posting lain pada blog ini. Or it will be free to ask and share knowledge. Just Click "Contact Me".
Previous
Next Post »
Thanks for your comment