Buku Kamu Karya Adeliany Azfar





Judul Buku                  : Kamu : Kenangan Tentang Luka dan Cinta
Penulis                         : Adeliany Azfar
Editor                          : Yuliya Febria dan Widyawati Oktavia
Penata Letak               : Indra Adiwena
Desain Sampul            : Gita Mariana
Tahun Terbit                : Mei 2012
Penerbit                       : Bukune
Tebal Halaman            : 396 halaman
Harga                          : Rp 42.000

Buku yang menarik dengan cerita romantis. Cerita akhir dari buku ini dapat dibaca dengan mudah di awal cerita. Namun, konflik yang dimunculkan selalu tidak terduga. Alur cerita yang disampaikan tidak terlalu rumit untuk dipahami, meskipun banyak alur mundur yang mendadak muncul di tengah-tengah cerita.
Buku ini bercerita tentang Kiran, seorang anak perempuan yang berketurunan Korea dan Indonesia. Ayah Kiran menentang Kiran untuk kuliah di Korea. Namun, diam-diam ia mengajukan beasiswa S1 di Universitas Korea National University Of Arts. Disinilah Kiran meyakinkan Ayahnya bahwa yang ditakutkannya itu akan menghambat kemajuan masa depan Kiran.
Kiran terobsesi dengan uang dan tidak ingin menikah sebelum menjadi seorang milyarder. Namun, kenyataan berbanding terbalik. Kiran dijodohkan dengan anak dari teman lama ayahnya yang sedang sekarat. Hal itu juga bertentangan dengan hati Jong Hyun, pria yang dijodohkan dengan Kiran tersebut. Namun, rasa sayang pada ayahnya mengalahkan semuanya. Jong Hyun akhirnya mendatangi dan membujuk Kiran untuk menyetujui keinginan ayah mereka.
Mereka akhirnya menikah dengan janji akan bercerai suatu hari. Namun, konflik demi konflik bermunculan. Kekasih Jong Hyun yang mendadak muncul, kakak laki-laki Kiran yang mulai mengetahui permasalahan rumah tangga mereka, serta rasa cinta yang mulai tumbuh di antara keduanya mewarnai cerita pada novel ini.
Buku ini mampu membuat pembacanya merasakan emosi yang berkecamuk di dalam hati para tokoh. Tokoh Kiran, yang ceria dan ternyata rapuh di dalam hatinya, mampu menyentuh perasaan pembaca yang pernah mengalami kisah cinta yang sama. Kemampuan Kiran dalam memendam perasaannya demi kebahagiaan orang yang dicintainya dapat menjadi inspirasi bagi para pembaca.
Kata-kata inspiratif di dalam buku ini juga menjadi kelebihan buku ini. Contohnya seperti: “Tapi, aku tahu, cerita kita hanyalah kisah yang direka, tak akan mewujud nyata. Aku yang salah membiarkan diriku jatuh begitu mudah dalam pesonamu – Kiran.” Sepenggal kalimat yang diucapkan oleh Kiran di dalam hatinya mampu membuat pembaca tersentuh. Selain itu, masih banyak kata-kata lain yang menggugah hati pembaca.
Kekurangan dari buku ini adalah, masih ada beberapa cerita yang terkesan biasa dan kurang realistis, sehingga pembaca agak bingung ketika membacanya. Contohnya seperti kenyataan bahwa Jong Hyun yang juga mencintai Kiran, seharusnya bisa tegas kepada Sherin dari awal. Namun, pada cerita ini terkesan dibuat-buat, sehingga Jong Hyun baru bisa menegaskan isi hatinya di akhir cerita.

Secara keseluruhan, novel Best Seller pada tahun 2013 ini bagus dan cocok untuk dibaca oleh penggemar novel romantis. Novel ini juga memiliki alur, bahasa, dan diksi yang bagus. Kata-kata mutiara yang dituangkan membuat pembaca tidak bosan meskipun harus membaca 396 halaman. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment