Perang Ideologi

Setiap orang menyuarakan ideologi yang mereka percayai. Boleh saja, ada yg bilang bahwa semua pendapat itu benar. Setidaknya benar bagi orang yang mengeluarkan pendapat. Benar begitu?

Permasalahannya adalah, bagaimana cara agar ideologi-ideologi yg berbeda-beda ini dapat hidup berdampingan dalam harmoni? Sangat sulit. Belum lagi ditambah dengan provokator-provokator yang menyusup ke dalam masing-masing ideologi. Motifnya bermacam-macam. Ada yg ingin mengambil alih kekuasaan, mencari keuntungan, atau sekedar bahagia melihat lawan politiknya jatuh tak berdaya.

Kadang aku berpikir. Ada untungnya hewan tidak diberikan akal pikiran. Mereka tidak saling mengadu domba, mereka percaya dengan teman mereka. Mereka biarkan alam yang menentukan nasib mereka. Pernahkah melihat hewan berpolitik lalu mengkhianati teman seperjuangan yg harus dilindunginya?

Ada benarnya bahwa manusia adalah makhluk yang akhirnya saling menumpahkan darah. Perbedaan dijadikan masalah. Diberi akal pikiran malah disalahgunakan. Pengadu domba merasa bahagia. Tak tau bagaimana kabar mereka nanti di akhirat sana.

Ah sudahlah, aku pun belum tau solusinya. Ada yg bilang bicara tanpa solusi itu tak ada gunanya. Aku hanya bisa berharap. Apa yang aku harapkan? Entahlah, akupun tak yakin. Karena terlalu mustahil, bahkan untuk sekedar dibayangkan. Bisa bantu temukan pengharapanku tentang semua ini?
Previous
Next Post »
Thanks for your comment