Sifat Berdasarkan Golongan Darah. Perlukah?

Beberapa tahun yang lalu, gue pernah baca meme di medsos tentang sifat-sifat seseorang berdasarkan golongan darah. Gue seneng banget pas pertama kali baca. Gue terus menerus mencari komik-komik golongan darah yang semakin viral di media sosial kala itu

Golongan darah gue A. Katanya sangat mentaati peraturan, kaku, dan berjiwa pemimpin. "Gue banget nih" kata Gue semangat.

Hingga suatu hari, ada temen gue yg beli buku tentang sifat-sifat seseorang berdasarkan golongan darah tersebut dan menjadi fanatik padanya. "Gue tuh golongan darah B, ga bisa kerjaan yg sifatnya mengikat kaya gini" ujarnya sambil menolak tugas kelompok yang gue berikan. Selain itu, banyak lagi hal-hal yang mau atau tidak mau Ia lakukan berdasarkan buku golongan darah tersebut.

Gue akhirnya mulai muak. Gue coba cari bukunya di Gramedia. Perlahan gue cari buku yang udah kebuka. Nah ketemu! (Jiwa pembaca gratisan). Gue coba baca halaman per halaman dari buku tersebut.

Awalnya gue mengiyakan isi buku itu. Namun di halaman-halaman berikutnya. Gue coba menutup lambang golongan darahnya, dan langsung membaca ramalan sifatnya saja. Gue membuka sebuah halaman dan langsung menutup lambang golongan darah dengan tangan.

"Kreatif dan selalu memberikan solusi pada setiap permasalahan " wah gue banget nih. Ujar gue dalam hati. Namun, pas gue buka tangan gue dari lambang golongan darah tersebut, ternyata gue salah. Itu untuk golongan darah B.

Gue coba lagi di halaman-halaman berikutnya. Ternyata banyak hal yang gue rasa itu adalah sifat gue tapi ternyata golongan darahnya bukan golongan darah gue.

Pada akhirnya gue sadar. Bahwa seharusnya kita jangan mengkotak-kotakkan diri kita sendiri dengan perkataan orang lain. Karena golongan darah kita A apakah kita tidak bisa kreatif? Atau karena golongan darah kita B kita tidak bisa jadi pemimpin? Tentunya tidak demikian. Kita sudah ditakdirkan menjadi makhluk unik yg luar biasa. Karena itu, jangan membatasi kekuatan yang ada di dalam diri kita sendiri.

Sandy Anugerah
2017
Previous
Next Post »
Thanks for your comment