Tujuan Hidup

Apa Tujuan Hidup Kita?
Seorang wirausahawan yg sudah cukup ternama mengatakan bahwa ada 8 aspek yang biasanya dikejar dalam hidup seseorang yaitu:

1. Aspek Spiritual.
Ini aspek yang menurut saya paling penting. Seberapa bermanfaat kita di dunia? Dan seberapa banyak persiapan kita untuk kehidupan yang selanjutnya?

2. Aspek Finansial.
Biasanya aspek ini berbicara tentang seberapa target penghasilan yang ingin dicapai? Beberapa orang bahkan membuat finansial menjadi target utamanya.

3. Aspek  Bisnis dan Karier.
Bukan rahasia lagi bahwa tahta atau kejayaan juga menjadi impian banyak orang. Biasanya orang bertanya pada dirinya sendiri  Bagaimana caranya agar bisnis atau karier kita maju? Apakah kita harus mengambil studi lagi ke arah spesialisasi?

4. Aspek keluarga.
Untuk yang belum berkeluarga, mungkin tujuan selanjutnya adalah pernikahan. Atau yang sudah berkeluarga, apakah mempunyai anak lagi, bagaimana hubungan Kita dengan anak-anak dan pasangan? Oh baiklah. Untuk hal ini, Saya pun belum punya pengalaman.

5. Aspek Pengembangan Diri.
Pengembangan diri sangat dibutuhkan orang-orang. Baik itu pengembangan fisik maupun psikis. Misalnya jadwal olah raga rutin, makanan kolesterol yang harus kita hindari, melatih kebugaran di gym, dan lain sebagainya.

6. Aspek Liburan dan Adventure
Ada banyak orang yang ingin traveling ke Bromo seorang diri, sambil memotret indahnya Alam. Tidak sedikit juga yang ingin mengelilingi dunia. Ditambah dengan sosial media yg maju. Membuat orang-orang merasa butuh untuk "pamer" di aspek yg satu ini.

7. Aspek Sosial.
Hampir sama dengan spiritual. Namun ini  lebih kepada seberapa nermanfaat kita bahi orang lain. Contohnya bisa saja kita ingin membangun yayasan anak yatim, memberi santunan kepada orang yg tidak mampu, ikut serta dalam pembangunan mesjid, dan hal bermanfaat lainnya.

8. Aspek Materi.
Ini aspek kelanjutan dari finansial tadi. Contoh dari aspek ini bisa rumah, mobil. kendaraan yang kita sukai, aksesoris antik, dan barang berharga lainnya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment