5 Iklan Nyeleneh dan Lucu Bukalapak, Kreatif dan Mengelitik

Iklan masih menjadi ujung tombak perusahaan dalam memasarkan produknya saat ini. Berbagai macam kreativitas beriklan dikeluarkan oleh perusahaan agar dapat menarik perhatian konsumen. Tak jarang perusahaan-perusahaan menyiarkan iklan nyeleneh yang mengelitik sehingga perhatian orang-orang tertuju pada iklan tersebut. Alhasil, iklan tersebut berhasil meningkatkan brand awareness.

Berbicara soal iklan nyeleneh, tak adil rasanya kalau tidak membawa Bukalapak. Bukalapak merupakan salah satu perusahaan unicorn yang dimiliki oleh Indonesia. E-commerce sekaligus marketplace asli dari Indonesia ini sering membuat iklan lucu yang mengocok perut dan kerap mengundang gelak tawa.

Iklan Nyeleneh Bukalapak

Masih ingat sama iklan nego cincai? Iklan Permintaan Maaf CEO? dan yang terbaru adalah salah tanggal sumpah pemuda? Itu adalah beberapa dari banyaknya iklan nyeleneh yang dibuat oleh Bukalapak. Jika kita lihat dari segi konsumen dan penonton iklan, hal tersebut memang tidak terlalu terasa dampaknya. Padahal, secara perlahan-lahan kita mulai aware dengan brand Bukalapak.

CEO Bukalapak, Ahmad Zaky mengungkapkan bahwa iklan-iklan nyeleneh yang dibuat oleh perusahaannya bertujuan untuk membangun kepercayaan dari masyarakat. Nah, ingin tau apa saja iklan nyeleneh yang pernah dibuat oleh Bukalapak? check this out!

1. Salah Tanggal Sumpah Pemuda

Nah, ini yang terjadi baru-baru ini. Bukalapak ngetroll netizen-netizen nyinyir yang memang banyak banget di Indonesia ini. Bukalapak dengan saja membuat puluhan billboard di titik-titik ramai. Billboard tersebut bertuliskan Selamat hari sumpah pemuda, 29 Oktober 2018.

Salah satu billboard salah tanggal sumpah pemuda Bukalapak

Jika melihat billboard seperti ini untuk pertama kalinya, tentulah kita berpikir bahwa mungkin ada kesalahan penulisan pada saat membuat billboard ini. Human error merupakan salah satu hal yang paling mungkin terpikirkan oleh kita.

Billboard inipun ramai dibicarakan oleh netizen. Banyak netizen yang menyangka bahwa tim marketing dari Bukalapak mungkin akan dipecat karena melakukan kesalahan penulisan. Meskipun begitu, tidak sedikit juga yang menyangka bahwa kesalahan penulisan ini merupakan strategi dari Bukalapak untuk menjadi viral.

Seiring berjalannya waktu, tepat pada tanggal sumpah pemuda. Bukalapak mengganti semua billboard yang mereka pasang dengan tanggal yang benar. Bukalapak juga memberikan klarifikasi tentang billboard salah tanggal ini:


Klarifikasi ini mendapat sambutan yang meriah dari netizen. Eksperimen semacam ini merupakan eksperimen yang "berani" bahkan untuk sekelas Bukalapak sekalipun. Bahkan selebritis tanah air, Najwa Shihab dan Anji ikut memuji eksperimen ini.

2. Bukalapak Nego Cincai



Masih ingat dengan enci-enci yang satu ini? Ngeselin ya? haha. Ya memang itu tujuannya. Biar netizen kesel dan ngerasa greget sama iklannya.

Disaat orang-orang membuat iklan mewah, ramai, dan animasi luar biasa, Bukalapak cukup dengan penampilan satu orang yang sedang bernyanyi di depan kamera. Hemat, efektif, namun tujuan marketingnya tetap tercapai. Ga kalah sama iklan-iklan yang menggunakan budget besar dengan animasi keren.

Iklan yang muncul pada Januari 2017 ini mendapat banyak apresiasi. Beberapa di antaranya yaitu penghargaan Citra Pariwara 2017 dan Best Ads Youtube Pulse 2018. Sampai November 2018, Nego Cincai disaksikan sebanyak 15 juta kali. 

3. Seger.. Seger Apa yang Bikin Enak?


Salah satu iklan nyeleneh bukalapak ini muncul tahun 2015. Pada saat itu, brand awareness Bukalapak masih belum seluas sekarang. Iklan nyeleneh yang satu ini pun tak banyak diketahui orang. Kamu pernah lihat?

Iklan lucu yang satu ini menampilkan seorang pengantar barang yang berjumpa dengan Ahmad Zaky. Anehnya, Ahmad Zaky bertanya dengan kata-kata "seger.. seger apa yang bikin enak?" pertanyaan tersebut ditanyakan pada saat posisinya sedang berada dalam akuarium ikan, menggunakan celana pendek, tapi memakai jas dan kemeja rapi. Sampai saat ini, iklan di tonton sebanyak 2,5 juta kali.

4. Permintaan Maaf Ahmad Zaky



Ahmad Zaky merupakan orang yang dikenal di dunia start up. kemunculannya di televisi atau iklan tentunya sangat menarik perhatian. Apalagi diawali dengan permintaan maaf. Penonton akan langsung bertanya, "wah ada apa nih"

Ternyata, iklan ini lagi-lagi hanya sebuah promosi, bukan murni permintaan maaf. Promosi ini bertujuan untuk memberitahu diskon Bukalapak sebesar 80% yang dinilai tidak masuk akal. Lagi-lagi, Ahmad Zaky mengenakan kemeja dan jas rapi dengan bawahan celana pendek. Iklan lucu yang mengundang gelak tawa ini mendapat viewers sebanyak 2,6 juta.

5. Belah Tengah vs Belah Pinggir



Saat ini, isu perbedaan menjadi isu yang sangat sering dibicarakan. Terutama di kancah politik, perbedaan menjadi alasan banyak orang untuk bermusuhan.

Namun, ditengah-tengah isu perbedaan ini, Bukalapak membuat iklan tentang perbedaan pula. Namun, alih-alih perbedaan kepercayaan, Iklan ini menayangkan perbedaan keyakinan dalam hal gaya rambut. Iklan ini bercerita tentang perbedaan gaya rambut antara belah pinggir dan belah tengah yang tidak perlu diributkan.

Nah itu dia iklan-iklan nyeleneh dari Bukalapak. Inilah yang disebut dengan content marketing. Bukan murni menjual suatu produk, tapi menampilkan konten yang menarik bagi konsumen yang menonton iklan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment