Sering Dibuang, Ini Manfaat Cangkang Telur Untuk Kecantikan & Kesehatan

Apa yang Kamu lakukan kepada cangkang telur setelah memasak isinya? Jika jawabanmu adalah membuang isinya, sebaiknya kebiasaan itu diubah. Cangkang telur ternyata memiliki beragam manfaat. terutama untuk Kecantikan dan Kesehatan.

Hal ini dikarenakan cangkang telur ternyata mengandung kalsium karbonat. Sebuah bentuk kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain kalsium, dalam cangkang telur juga terdapat rontium, fluorida, magnesium, selenium, hingga protein.


Manfaat Cangkang Telur

Setelah mengetahui kandungan yang terdapat pada cangkang telur, ayo kita cari tahu pula apa saja manfaat dari cangkang telur ini. Berikut beberapa manfaat dari cangkang telur yang telah dikumpulkan.

1. Menjaga Kesehatan Tulang


Sama dengan fungsi kalsium pada umumnya, cangkang telur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Cangkang telur dapat bermanfaat pula untuk menghindari osteoporosis dan merawat persendian. Berikut cara mengkonsumsi cangkang telur agar bermanfaat bagi kesehatan tulang:
  1. Cuci bersih cangkang telur
  2. Rebus selama beberapa menit untuk menghilangkan bakteri dan zat asing yang menempel.
  3. Tumbuk atau blender hingga benar-benar halus agar tidak melukai kerongkongan
  4. campurkan bubuk cangkang telur tadi dengan makanan atau minumanmu
  5. Jika ingin lebih praktis, kamu juga bisa membeli suplemen kulit telur di apotek.

2. Mengecilkan pori-pori pada kulit

Pori-pori yang terlalu besar dapat menyebabkan hinggapnya kuman dan kotoran. Kotoran yang menetap pada pori-pori dapat menyebabkan jerawat, komedo, dan masalah kecantikan lainnya. Cangkang telur dapat membantu mengecilkan pori-pori lho. 

Cangkang telur bisa dibuat sebagai masker untuk wajah. Caranya sama dengan saat membuat cangkang telur untuk kesehatan tulang tadi. Tinggal tambahkan dengan lemon atau madu dan balurkan ke muka, dan diamkan selama beberapa menit. 

3. Mencegah Kulit Kering

Cangkang telur akan sangat membantu untuk menjaga kelembaban kulit. Masker cangkang telur yang sudah dicampur dengan madu dapat digunakan sebagai masker di malam hari. Kamu bisa coba masker cangkang kulit + madu ini dengan mengaplikasikannya pada wajah di malam hari, terutama pada area di bawah mata.

4. Mencerahkan Wajah


Sama dengan bahan alami lain pada umumnya, cangkang telur juga bermanfaat untuk mencerahkan wajah kita. kandungan-kandungan yang terdapat dalam cangkang telur dapat membantu membersihkan wajah kita secara keseluruhan sehingga wajah terasa glowing dan menjadi lebih cerah. 

Memutihkan dan mencerahkan wajah dengan cangkang telur memiliki cara yang sama dengan yang telah dibahas sebelumnya. Namun, kamu dapat menggantikan madu dengan perasan jeruk lemon, bubuk charcoal atau bubuk arang bambu. Setelah itu, aplikasikan pada wajah dan diamkan selama beberapa menit.

Nah, itulah 4 manfaat cangkang telur untuk kecantikan dan kesehatanmu. Banyak bahan alami di sekitar kita yang sering disangka sampah. Padahal, sangat banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Misalnya saja air embun pagi yang sering kita abaikan padahal banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Kuncinya adalah menambah ilmu pengetahuan kita dan tetap menjaga alam agar tetap segar.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment