KBA Rawajati: Keteduhan di Selatan Ibu kota

Jakarta biasanya diingat dengan segala macam polusi, macet dan masalah lainnya. Namun, siapa sangka ada bagain dari Kota Jakarta yang dibentuk sedemikian rupa hingga terasa asri dan nyaman? Ya, itulah yang yang terjadi pada Kampung Rawajati di wilayah Kalibata, Jakarta Selatan.

Salah satu program dari PT. Astra yaitu kampung berseri astra (KBA) menobatkan Rawajati sebagai salah satu kampung binaannya. Astra terfokus pada 4 pilar yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan.

Lingkungan





Saat memasuki wilayah kampung berseri astra (KBA)  Rawajati, kesan pertama yang akan didapat ialah teduh. Sepanjang jalan terdapat pohon yang berbaris rapi nan sejuk.

Lingkungan yang menyenangkan ini akan membuat kita lupa bahwa ini adalah Ibu kota. Rasanya, kekhawatiran akan kepanasan sudah tidak diperlukan lagi di kampung berseri astra (KBA)  Rawajati ini. Pantas saja kampung berseri astra (KBA) Rawajati dijadikan sebagai model iklim percontohan.
Tidak hanya teduh dan asri, KBA Rawajati juga memperoleh  penghargaan Kampung Proklim yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di tahun 2017 kemarin.

Bahkan, kampung berseri astra (KBA) Rawajati telah menjadi kampung hijau percontohan dalam skala nasional loh. Wah, hebat ya.

Di berbagai daerah di Indonesia sedang dikembangkannya konsep wilayag yang menyerupai Kampung Berseri Astra (KBA) Rawajati. Tentunya ini adalah prestasi yang membanggakan bagi warga setempat.

Keberhasilan Berseri Astra (KBA) Rawajati ini tentu tidak lepas dari peran warga ibu PKK Rw 03 di kampung Rawajati. Salah satu perintis Berseri Astra (KBA) Rawajati adalah Ibu Ninik Nuryanto, yang tidak lain adalah ketua PKK periode kepengurusan tahun 2001-2013.

Menurut Ibu Ninik, berbagai pencapaian selama ini tidak diraih dengan cara instan. Semua ada proses dan sinergi sekelompok warga sehingga menjadikan kampung Rawajati layak dan patut diapresiasi. Tumbuhan yang nampak subur pun ternyata ada campur tangan warga dalam pembuatan pupuknya. Berseri Astra (KBA) Rawajati memproduksi pupuk yang digunakan untuk lingkungan maupun diperjualbelikan.

Setiap rumah yang ada di Berseri Astra (KBA) rawajati inipun wajib berkontribusi dalam pemeliharaan tanaman buanga dan pohon yang disemai oleh biohayati dan sampah organik.



KBA Rawajati juga sama dengan KBA lainnya yang memiliki bank sampah. Sampah-sampah plastik dan kertas nantinya akan diolah untuk meningkatkan nilai produk. Banyak produk yang dihasilkan dari sampah-sampah plastik tersebut seperti wadah tisu dari kertas koran hingga tikar yang terbuat dari bungkus kopi. Tentu saja produk yang dihasilkan terlihat cantik dan unik.

Kewirausahaan



Kampung berseri Astra (KBA) Rawajati tidak hanya potensial dala hal daur ulang sampah saja, melainkan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang turut maju di KBA yang satu ini. Berbagai makanan dan minuman tradisional diproduksi di KBA Rawajati seperti jahe merah, bir pletok, , temulawak, dan sebagainya.

Minuman tradisional tersebut diproduksi dalam bentuk serbuk halus yang dikemas plastik lalu dimasukkan ke dalam box. Minuman ini terbilang praktis karena untuk mengonsumsinya, kita hanya perlu menyeduhnya menggunakan air dingin.


Selain memperhatikan aspek lingkunan dan kewirausahaan, Astra juga menyediakan fasilitas kesehatan seperti posyandu (dengan program-program kerjanya) dan fasilitas pendidikan seperti Pendidikan Anak Usia Dini (yang berukuran 8x5 m2 sebagai sarana pendidikan anak usia pra sekolah).


Dengan begitu, empat pilar yang diusung Astra demi terciptanya kampung binaan yang baik dan prestasi dapat dicapai. Semoga semakin banyak Kampung Berseri Astra yang menginspirasi, yang dapat berkembang, kreatif serta menjadi role model bagi KBA lainnya, tidak hanya di kota Jakarta tapi di seluruh wilayah Indonesia. Saatnya membangun kampung dengan semangat yang kuat.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
3 Januari 2019 07.42 × Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
Thanks for your comment