Potensi Blogger Sebagai Influencer Marketing

Pada era digital yang semakin maju saat ini, nama blogger sudah tidak asing lagi. Orang-orang yang memiliki ketertarikan dalam hal content marketing ini mampu menghasilkan pendapatan yang tidak kecil. Bahkan tidak sedikit blogger-blogger ternama yang menjadikan ngeblog sebagai pekerjaan utamanya.

Salah satu komponen yang memberikan keuntungan kepada blogger adalah dipakainya blogger sebagai influencer. Influencer ini bukan hanya dalam memasarkan produk saja, namun juga dalam rangka meningkatkan ranking website advertiser. Dalam hal ini, saya bagi menjadi 2 tujuan blogger sebagai influencer marketing, yaitu sebagai quality backlink, dan sebagai sponsored content marketing.

1. Blogger Sebagai Quality Backlink



Algoritma google saat ini sudah berkembang. Tidak lagi seperti dulu dimana kita dapat menyebar backlink dimana saja demi meningkatkan rangking sehingga mencapai halaman 1 google. Saat ini, google tidak mengandalkan kuantitas backlink untuk meningkatkan rangking sebuah website, namun lebih kepada kualitas dari backlink itu sendiri.

Maka dari itu, dalam mendapatkan suatu backlink dengan kualitas yang tinggi, brand dan website harus memasang backlink di blog yang berkualitas pula. Maka dari itu, tidaklah rugi jika para blogger membangun blognya dengan serius.

2. Blogger untuk Mendekatkan Brand dengan Konsumen

Seperti yang sudah disebutkan pada postingan sebelumnya tentang content marketing, konsumen lebih menyukai brand yang memiliki kedekatan dengan dirinya. Blogger adalah salah satu solusi untuk mendekatkan brand dengan konsumennya.

Tulisan pada blogger adalah tulisan yang jujur dan dekat dengan para pembaca. Adanya review tentang suatu brand akan memberikan image yang dekat pada brand terhadap konsumennya.

3. Sebagai Media Review

Banyak konsumen yang mencari info dan review terlebih dahulu sebelum pada akhirnya membeli produk tersebut. Review dari blogger adalah salah satu influencer marketing terbaik untuk membantu brand agar konsumen mengambil langkah untuk membeli produk tersebut.

Berdasarkan marketing funnel AISAS, sebelum melakukan pembelian, konsumen akan mencari review dari produk tersebut terlebih dahulu sebelum membelinya. Di sinilah peran blogger sebagai influencer marketing untuk memberikan review dari sebuah brand.

Menjadi Seorang Influencer Marketing

Sebagai blogger yang tentunya ingin mendapatkan penghasilan tambahan tentunya patut mencoba cara ini sebagai influencer marketing. Saat ini, ada juga beberapa platform influencer marketing yang dapat membantu blogger dalam mendapatkan project dari brand.

Jika kamu seorang blogger, kamu bisa coba Sosiago influencer marketing. Merupakan platform yang menjadi tempat bertemunya blogger dan advertiser yang ingin menanamkan iklannya pada blogmu. Platform ini mudah digunakan dan dipahami. Selain bermanfaat bagi brand, adanya placement juga dapat bermanfaat bagi kualitas blogmu.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment