Jassy’s Produk Kreasiku yang Berpotensi Menjadi Bisnis

Berbisnis dan mengembangkan produk dengan kreasi adalah suatu hal yg aku inginkan sejak dulu. Saat kuliah di Bogor, aku pernah berkesempatan untuk mengembangkan kreasiku menjadi sebuah bisnis melalui program kreativitas mahasiswa. Bisnis ini merupakan bisnis yang cukup menjanjikan, namun pada realisasinya tidak berjalan dengan baik.

Kreasi Bisnisku. Tas Jas Hujan


Bogor adalah kota yang memiliki curah hujan yang tinggi, mencapai 3000 mm sampai 4000 mm per tahun. Tingginya curah hujan di Bogor, berbanding lurus dengan jumlah penduduknya. Fakta bahwa Bogor memiliki banyak tempat wisata, membuat Bogor banyak dikunjungi, bahkan merasa nyaman untuk menetap di kota hujan ini.

Dengan banyaknya penduduk, tentu banyak pula kegiatan yang dilakukan seperti kegiatan untuk mencari nafkah, keperluan belajar, keperluan belanja, gotong royong, dan sebagainya. Tidak jarang pula jika hujan tiba-tiba datang di kota ini meski cuaca terlihat cerah. Dalam hal ini cuaca bukanlah suatu yang mudah untuk diprediksi oleh manusia. Tentunya siapapun tidak ingin berbagai aktivitasnya terganggu oleh hujan.

Penggunaan payung dan jas hujan terkesan tidak praktis, terlalu banyak barang yang harus dibawa dengan tas, sehingga banyak barang-barang penting yang harus disisihkan terlebih dahulu. Penggunaan waktu untuk memakainyapun tidak efisien, terlebih lagi untuk para pengendara motor yang tidak mungkin memakai payung, sehingga harus berteduh untuk mengambil jas hujan yang ada di jok motor. Perlindungan untuk barang-barang penting yang ada di dalam tas sampai sekarang sulit untuk dilakukan ketika hujan, sehingga tidak jarang barang- barang penting tersebut basah ketika sampai dibawa ke tempat tujuan.

Berdasarkan kondisi itulah saya pernah terpikirkan untuk membuat tas jas & jas hujan yang saya beri judul Jassy’s. Produk ini dapat mengatasi semua permasalahan yang ada di atas. Jassy’s adalah tas yang telah dikombinasikan dengan jas hujan. Dengan adanya tas ini, para pengguna tidak perlu lagi repot- repot untuk mengambil jas hujan atau payung, dan pengguna motor tak perlu kesulitan untuk mengambil jas hujan di dalam jok motornya.




Jassy’s memadukan jas hujan dengan tasnya. Jas hujan yang dikombinasikan dengan tas ini dapat dirancang sehingga penggunaannya praktis dan dapat dirasakan oleh seluruh konsumen. Hal ini
relevan dengan kebutuhan manusia di era modern ini, yaitu untuk mendapatkan kepraktisan sehingga waktu yang digunakan lebih efisien. Selain melindungi tubuh, tas ini juga memiliki pelindung untuk tas itu sendiri, sehingga tas dan barang-barang berharga di dalamnya tidak akan basah karena hujan.
tanpa cover


dengan cover

Belajar dari hal kecil itulah, sebuah produk dengan inovasi terbaru bernama Jassy’s ini muncul. Sebuah kombinasi antara tas modern dengan jas hujan praktis, inovatif dan ekonomis ini akan menjadi sebuah karya inovatif terbaru yang mampu menarik konsumen di kota-kota yang curah hujannya cukup tinggi, Kota Bogor misalnya. Melalui “Jassy’s” pengendara tidak perlu repot untuk berhenti di tempat berteduh terlalu lama karena kepraktisan Jassy’s dalam cara pemakaian dan penggunaan yang menyatu dengan tas keseharian masyarakat.

Harga “Jassy’s” juga sangat ekonomis sehingga para konsumen tidak perlu khawatir dengan tas dan jas hujan modern ini dengan desain mewah, nyaman, paraktis dan inovatif. Sedangkan untuk profit yang akan didapatkan dengan terciptanya Jassy’s ini sangat menguntungkan, dilihat dari segi konsumen di Kota Bogor terlebih dahulu, keunikan yang ada dalam Jassy’s serta kelebihan lain sepert kepraktisan dalam pemakaian, terjangkau dengan harga yang ekonomis, dan mudah diperoleh di toko-toko terdekat, seseorang dapat memiliki Jassy’s. Berikut perbandingan harga Jassy's jika dibandingkan dengan tas dan jas hujan secara terpisah.

No
Nama Barang
Terpisah
Harga Jassy’s
Ukuran
Harga
Ukuran
Harga
1
Tas + Jas Hujan
Besar
Rp 155.000 + Rp 150.000 = Rp 305.000
Besar
Rp200.000
2
Tas + Jas Hujan
Kecil
Rp 75.000 + Rp 125.000 =Rp 200.000
Kecil
Rp150.000
Total Harga
Rp 505.000
Rp 350.000

Kesempatan Menjual Jassy's Melalui Blibli

Ide untuk mengadakan Jassy's diterima dan mendapatkan pendanaan dari Program Kreativitas Mahasiswa. Dengan pendanaan tersebut, aku dan tim sudah berusaha menjual melalui market place, sosial media, bahkan mengikuti pameran secara offline. Kami merasa bahwa marketplace memiliki potensi besar untuk memasarkan produk karya anak bangsa.


Jualan di OLX

Jualan di Pameran

Jualan di Jualo 
Jualan di twitter



Namun, ternyata penjualan kami tidak berjalan dengan baik. Tidak satupun produk yang dipasarkan dibeli secara online. Padahal, orang-orang yang melihat produk ini secara offline menyatakan bahwa produk ini sangat unik dan menarik. Hal ini menunjukkan sedikitnya orang yang telah melihat produk kami melalui online.

Syukurlah, saat ini ternyata sudah ada solusi dari permasalahan penjualan dari kreasi-kreasi anak bangsa. Blibli.com memiliki program terbaru yaitu halaman kreasiku. Program ini menawarkan kemudahan bagi pengguna yang ingin beli produk lokal 100% asli Indonesia. Tentunya ini membuka kesempatanku untuk kembali menjajakkan Jassy's

Dengan adanya halaman khusus kreasiku, Jassy's dapat lebih mudah untuk dilihat oleh konsumen dan membuka peluangku untuk menjadi produsen Jassy's yang lebih besar lagi. Sudah punya produk kreasi untuk dipasarkan secara online? Jual di blibli.com pasti untung dan cepat laku. Belum punya akun penjual di blibli.com? Daftar disini.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment