6 Tips Belanja Online agar Belanja Menjadi Menyenangkan

Di jaman serba teknologi ini, semua bisa dijangkau hanya dalam genggaman. Internet, jaringan yang membuat semuanya terhubung. Selama punya kuota, semua mudah kita dapat.

Laper, tinggal pesan makanan via g*food. Mau pergi? Tinggal pesan driver via g*jek. Bahkan mau belanja pun tinggal klik aja. Belanja online, sesuatu yang membuat waktu menjadi lebih efisien. Nggak hanya marketplace, belanja online juga bisa di media sosial.

Selama ada fitur gambar dan kolom komentar, selama itu pula ada yang namanya jualan online. Seperti halnya instagram, blogspot, facebook, bahkan aplikasi chatting seperti whatsapp juga memungkinkan seseorang untuk melakukan jual-beli online.

Disetiap kemudahan dan kepraktisan, pasti selalu ada saja oknum yang memanfaatkannya dengan tindak kejahatan. Pun terhadap belanja online ini. Banyak yang merasa puas karena barang sesuai pesanan, namun tidak sedikit pula yang merasa rugi karena kasus penipuan dan semacamnya.
Kasus-kasus yang biasanya terjadi adalah sebagai berikut.

1. Barang tidak dikirim meskipun sudah dibayar oleh pembeli. 

Nah, ini masalah yang paling serius dalam hal belanja online. Biasanya ini terjadi pada saat belanja online via media sosial alias bukan marketplace. Kalau hal ini sudah terjadi, lakukanlah pelaporan atas nomor rekening yang bersangkutan ya.

2. Barang tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan.

Karena hanya bermodal melihat gambar dan murahnya harga, terkadang calon pembeli dengan mudahnya tergiur. Setelah barang sudah sampai di tangan, ternyata ukuran, motif, warna bahkan modelnya berbeda dari barang yang dipesan. Lain kali, cobalah lihat kolom ulasan (di marketplace) mengenai online shop tersebut ya. Keprefesionalan biasanya mudah dilihat di kolom tersebut.
Sepertinya dua kasus di atas sudah menggambarkan begitu besarnya risiko belaja online jika calon pembeli tidak hati-hati. Namun, jangan khawatir karena semua masalah pasti ada solusinya. Yuk simak ulasan tips belanja online agar belanja menjadi menyenangkan.

6 Tips Belanja Online agar Belanja Menjadi Menyenangkan



  1. Belanja online di instagram atau facebook? Cobalah minta nomor whatsapp penjualnya dan bertransaksilah dengan menggunakan whatsapp. Kenapa? Karena pelaku penipuan di instagram dan facebook bisa kabur dengan mudah hanya dengan cara memblokir kamu kemudian mereka mengganti nama akunnya. 
  2. Mau lebih aman belanja di instagram atau facebook? Kamu bisa menanyakan akun penjual di marketplace. Di marketplace, kamu bisa menilai keprofesionalan dari sebuah online shop. Bintang dan ulasan atau testimoni yang terdapat pada fitur marketplace sangat membantumu dalam belanja online.
  3. Lokasi Online shop jauh dari tempat tinggalmu? Pakai marketplace. Sekarang sudah banyak market place yang menyediakan kupon/voucher free ongkos kirim atau subsidi ongkos kirim. Pastinya dengan syarat dan ketentuan dari masing-masing marketplace ya.
  4. Rekening kamu berbeda dengan rekening penjual? Nggak mau bayar admin? (Lagi-lagi solusinya) pakai marketplace. Di marketplace, kamu bisa memilih sistem pembayaran dengan virtual account ataupun memilih bank (milik marketplace) yang sesuai dengan rekeningmu. 
  5. Ingin mendapat discount, flash sale, dan sebagainya? Kembali lagi ke marketplace. Salah satu fitur yang disediakan marketplace tesebut sepertinya menjadi daya tarik untuk segera meng-install-nya.
  6. Trauma barang tidak dikirim? Nah, lagi-lagi marketplace-lah jawabannya. Biasanya, marketplace menyediakan fitur “uang kembali jika barang tidak dikirim dalam batas waktu tertentu (tergantung ketentuan marketpalce)”.

Nah, marketplace sangat direkomendasikan bagi kamu pecinta belanja online. Sebagai pihak ketiga antara penjual dan pembeli, sejauh ini marketplace berhasil membuat calon pembeli merasa tenang untuk melakukan transaksi belanja online. Kalau sudah begini, belanja online terasa menyenangkan, bukan?

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Autonom
admin
7 Maret 2019 21.58 ×

Makasih infonya gan. Sngt bermnft tertma untk yg sering belanja online.

Congrats bro Autonom you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment