9 Cara Mengoptimasi Blog dengan SEO

SEO untuk blog yang sedang dikelola bukan sebuah perkara mudah namun memiliki dampak yang baik. Banya orang yang bertanya pada saya tentang "Bagaimana sih caranya agar blog / website kita dikunjungi banyak visitor?". Saya cuma berpikir dan menjawab singkat : "Bersahabatlah dengan google".

Ya, memiliki postingan yang bersahabat dengan search engine seperti google adalah salah satu cara agar blog / postingan mendapat banyak pengunjung. Meskipun pada umumnya postingan diprioritaskan agar lebih nyaman dibaca visitor, bukan berarti kita harus mengesampingkan postingan agar lebih nyaman dibaca oleh search engine.

Nah, kali ini, saya akan memberikan 10 cara mengoptimasi blog dengan menggunakan teknik SEO

1. Lakukan Riset Keyword

Pastikan bahwa keyword research adalah hal pertama yang harus Kamu lakukan sebelum menerbitkan sebuah postingan. Riset keyword sangat penting agar kita bisa mengetahui topik seperti apa yang disukai oleh audiens kita, dan seperti apa interest dari audiens yang kita sasar.

Selain untuk mengetahui behaviour audiens yang dituju, riset keyword juga berguna agar kita dapat menahan diri dari keyword yang sulit. Meskipun kita ingin posting sebuah postingan yang relevan dengan blog kita, janganlah memaksakan keyword yang tidak mungkin untuk kita capai.

Berikut adalah dua tips saat melakukan riset keyword untuk mengoptimasi blogmu:

  • Carilah long tail keyword : Sebisa mungkin, jangan gunakan keyword yang hanya terdiri dari 1 atau dua kata saja. Hal itu dikarenakan keyword tersebut sangat kompetitif dan sulit untuk dimenangkan. Gunakanlah keyword-keyword panjang yang memiliki banyak pencarian namun masih memungkinkan untuk dimenangkan. Contohnya, jika menargetkan Keyword "SEO" saja, tentu akan sangat sulit. namun, akan menjadi lebih mudah jika kita menargetkan keyword "cara mengoptimasi SEO"
  • Pertimbangkan voice search : Pernah mendengar Halo Google dan Siri? Ya, dua teknologi tersebut mengembangkan mesin pencari dengan suara (voice). Meskipun baru, kita tetap harus menjadi lebih depan dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Pertimbangkanlah keyword apa saja yang biasa dicari menggunakan voice search.

2. Cek Hasil Pencarian Keyword di SERP


Setelah memilih keyword-keyword yang ingin dioptimasi, ceklah hasil pencarian dari keyword tersebut pada SERP. Pada Google Search, biasanya akan menampilkan jumlah search result di bawah kotak search.

Riset Keyword
Hasil pencarian

Jika terdapat featured snippet pada kolom pencarian tersebut, dan jika search resultnya memiliki jumlah yang sangat banyak, maka pastikanlah bahwa content yang kamu punya memiliki potensi untuk bersaing dengan website-website lain.

Cara ini dapat juga berfungsi sebagai monitoring skema konten kompetitor. Dengan begitu, Kamu dapat menambahkan poin- poin yang kurang dari kompetitor pada keyword tersebut sehingga membuat postinganmu dapat lebih teroptimasi dengan baik.

3. Pilihlah Judul Postingan dengan Tepat

Memilih judul postingan adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh blogger. Judul postingan memiliki peran penting untuk mengkomunikasikan keyword yang ingin ditargetkan.

Masukkan kata kunci ke dalam judul postingan dengan cara yang natural. Mainkanlah kata-kata yang tepat sehingga judul tersebut masuk akal jika dibaca oleh pembaca manusia maupun robot Google. Jika tidak terbaca dengan baik oleh mesin pencari, maka akan sulit bagi tulisan tersebut untuk naik ke halaman 1. Namun, jika tidak mempertimbangkan pembaca manusia, maka klik yang didapat akan kecil dan sulit pula untuk menaikkan rangking halaman.

4. Masukkan Target Keyword ke Dalam URL

Nah, ini merupakan salah satu hal yang tidak kalah penting. URL merupakan salah satu parameter yang digunakan google untuk mendeteksi keyword pada halaman tersebut. Maka dari itu, jangan lupa untuk meng-custom URL sebelum melakukan postingan.

Optimasi keyword pada URL
Target Keyword pada URL

5. Optimasi Heading Artikel

Head dari sebuah artikel juga bagian dari beberapa faktor yang mempengaruhi rangking sebuah keyword di Google. Usahakan untuk memasang keyword yang Kamu targetkan di bagian heading artikel. Heading tersebut bisa jadi di <H1>, <H2>, atau <H3> di halaman tersebut.

Selain itu, heading bahkan juga cocok digunakan untuk mengoptimasi secondary keyword yang ingin ditargetkan. Meskipun begitu, lakukanlah senatural mungkin. Ingat, kita menulis untuk manusia, bukan untuk mesin Google semata.

6. Gunakan Image Text

Cara Mengoptimasi Blog dengan SEO
Coba arahkan kursormu ke image di atas. Apakah Kamu dapat melihat tulisan di sana? Itulah yang dinamakan image text. Text pada image tersebut juga membantu meningkatkan keyword yang Kamu targetkan, sekaligus meningkatkan image optimization pada search engine.

7. Gunakan Internal Link yang Relevan

Pernahkah kamu membaca artikel yang didalamnya terdapat suggested artikel seperti pada di bawah ini? :

Baca juga : Pengertian Content Marketing

Nah, kalimat "Baca Juga" di atas, merupakan salah satu contoh content marketing. Karena artikel ini menulis tentang SEO yang erat kaitannya dengan content, maka internal link di atas dapat dikatakan relevan dan cocok jika diterapkan di artikel ini.

Jadi, setiap membuat sebuah artikel, ingatlah artikel lain yang sesuai dengan artikel yang Kamu buat. Dengan begitu, masing-masing halaman dapat saling membantu untuk mendapatkan rangking yang lebih baik. Jangan lupa untuk menggunakan anchor text yang ditargetkan pada internal link tersebut.

8. Tulis Meta Description

Meta description adalah salah satu "packaging" yang kita tampilkan di Google untuk memperkenalkan konten kita kepada searcher. Layaknya sebuah produk, packaging haruslah menarik agar para pencari di google tertarik untuk meng-klik websitemu.

Cara Mengoptimasi Keyword dengan Meta Description
Contoh Meta Description

Google memberikan kesempatan untuk menulis meta description sekitar 300 kata. Maka dari itu, pikirkanlah dengan sebaik-baiknya tentang bagaimana mendeskripsikan kontenmu dalam 300 kata.

9. Pilih Tag dan Kategori dengan Tepat

Blog memungkinkan kita untuk menempatkan kategori dan tag sesuai dengan konten yang kita tulis. Tag dan kategori merupakan tools yang sangat powerful dan dapat digunakan pengunjung untuk mencari konten yang ditulis. Kategori dan tag yang telah dibuat, secara otomatis akan menampilkan halaman baru yang mengelompokkan artikel-artikel yang sesuai dengan kategori dan tag yang telah dibuat.

Namun, jangan terlalu banyak menggunakan keyword pada tag. Hal tersebut tidaklah baik karena akan dinilai sebagai keyword stuffing oleh Google. Gunakanlah senatural dan serelevan mungkin dengan artikel yang ditulis. Ingatlah kembali, SEO adalah menulis untuk manusia, bukan google semata.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Hiburan
admin
15 Maret 2019 21.03 ×

Bisa saya prktkan nih. Biar seo friendly.

Reply
avatar
Thanks for your comment