Panduan Memilih Produk Cleanser untuk Double Cleansing

Penggunaan make up cleanser wajah untuk proses double cleansing bisa berbeda di setiap orang, tergantung pada masing-masing tipe dan masalah kulit yang dialami. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memilih produk double cleansing untuk empat tipe kulit.

Young beautiful woman applying cream to face in the bathroom
Panduan Memilih Produk Cleanser

Kulit Normal

Pemilik kulit normal patut bersyukur, sebab kadar komponen-komponen pada kulit terjaga dengan seimbang. Sehingga, pemilik kulit wajah normal cenderung dapat menggunakan berbagai jenis produk.

Walaupun dapat menggunakan segala jenis produk, memperhatikan kandungan dan kecocokannya tetap yang utama. Sedikit tips, pemilik kulit normal dapat memilih produk pembersih yang mampu menjaga keseimbangan kulit.

Selain itu, perhatikan beberapa masalah kecil di wajah. Pemilik kulit normal bisa saja mengalami sedikit berminyak di T-zone, memiliki beberapa area yang terasa lebih kering, pori-pori besar hingga tekstur kulit yang tidak rata.

Kulit Sensitif

Jenis kulit sensitif sangat rentan terhadap segala produk yang bisa mengiritasi kulit. Pemilik kulit sensitif gampang terkena kemerahan pada wajah, ruam dan gatal-gatal saat mencoba satu produk yang tidak cocok digunakan.

Pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari pemakaian produk yang dapat mengiritasi kulit. Saat mencari produk pembersih wajah, pilihlah yang berlabel makeup cleanser untuk kulit sensitif.

Tips bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya hindari produk yang menggunakan pewangi. Pilihlah produk pembersih wajah dengan label fragrance-free, hypoallergenic maupun soap-free untuk menghindari risiko iritasi.

Kulit Kering

Tipe kulit kering sangat membutuhkan kelembaban ekstra. Apabila tidak dibarengi dengan memberikan hidrasi, double clenasing dapat memperparah kulit yang kering kerontang.

Solusinya, pemilik kulit kering dapat memilih makeup cleanser wajah dengan label khusus kulit kering. Bahan-bahan dalam pembersih wajah khusus kulit kering biasanya diformulasikan untuk membersihkan dan tetap menjaga kelembaban kulit.

Kulit Berminyak

Kondisi ini adalah lawan dari kulit kering. Jika pemilik kulit kering mencari produk yang berat, pemilik kulit berminyak cenderung mencari pembersih yang ringan dan non-comedogenic.

Saat memilih produk, usahakan mencari pembersih wajah yang memiliki label untuk kulit berminyak. Formulasi pembersih wajah untuk kulit berminyak umumnya dibuat seringan mungkin, namun tetap memberikan hidrasi yang cukup.

Akhir-akhir ini, banyak produk pembersih wajah yang mencantumkan label ‘untuk semua jenis kulit’. Jika sedang tidak menemukan produk yang tepat, produk yang dirancang cocok untuk semua jenis kulit bisa dicoba, asal tetap perhatikan kandungan dan kegunaannya.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment