Mengulas Tentang Radang Tenggorokan, Penyebab dan Cara Pengobatannya


Sakit pada bagian tenggorokan merupakan hal yang tentunya banyak dialami oleh kita, yang masih berada pada kondisi tubuh yang kurang fit. Kondisi ini terjadi karena adanya bakteri ataupun virus yang masuk kedalam tenggorokan kita. Penyakit ini memang lebih banyak dialami oleh anak-anak dan para remaja, dimana resistensi tenggorokan mereka terhadap virus ataupun bakteri tergolong masih rendah. Sakit tenggorokan yang biasanya sering disebut dengan radang tenggorokan ini, biasanya lebih banyak disebabkan karena faktor lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya, sehingga kemungkinan bakteri ataupun virus masuk kedalam tenggorokan menjadi lebih tinggi. Meskipun kerap kali dianggap sebagai penyakit sepele, namun pada kenyataannya jika permasalahan ini tidak segera diatasi justru akan menimbulkan penyakit yang lebih kompleks.

Man in scarf having sore throat
Penyebab dan cara mengobati radang tenggorokan

Gejala Radang Tenggorokan


Secara umum, gejala yang sering kali dialami oleh para penderita radang tenggorokan adalah keluhan rasa sakit dan panas pada bagian tenggorokan, terutama ketika digunakan untuk menelan makanan ataupun asupan minuman. Gejala lain yang sering kali menyertai penyakit yang satu ini, antara lain adalah:

  • Seluruh badan dan otot akan terasa sakit dan ngilu terutama ketika penderita radang tenggorokan melakukan aktivitas yang sedikit berat.
  • Badan penderita akan mengalami demam dengan suhu 38 derajat Celcius keatas.
  • Penderita akan merasakan sakit kepala akibat adanya peradangan tersebut.
  • Stamina badan menjadi lebih cepat lelah ketika melakukan aktivitas.
Jika kondisi dan gejala seperti diatas Anda alami, maka akan sangat dianjurkan bagi Anda untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter yang memang berkompeten mengatasi permasalahan kesehatan tersebut. Jangan pernah menganggap sepele keluhan kesehatan yang terjadi pada tenggorokan Anda, karena jika dibiarkan berlarut akan dapat menimbulkan penyakit penyertaan dan infeksi dalam tubuh Anda.

Cara Pengobatan Radang Tenggorokan


Untuk mempercepat kesembuhan Anda, cukupkanlah waktu istirahat dan banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Selain itu makanan dengan kandungan nutrisi dan b kompleks juga sangat disarankan untuk Anda konsumsi. Minumlah obat radang tenggorokan yang telah diresepkan oleh dokter, sesuai dengan aturan dan petunjuk yang diberikan oleh dokter. Jika dokter memberikan obat antibiotic dalam resepnya, maka minumlah hingga benar-benar habis. Hal tersebut penting untuk dilakukan, agar nantinya resistensi terhadap obat antibiotic tidak terjadi.

Hindari lingkungan dengan udara yang tidak sehat serta menjauhlah dari lingkungan perokok, agar nantinya asap rokok pasif tidak terhirup dan dapat menyebabkan bertambah parahnya radang tenggorokan yang Anda alami. Untuk terapi herbal pun dapat Anda lakukan sebagai upaya mempercepat kesembuhan. Mengkonsumsi minuman herbal dengan bahan jahe dan madu, selain dikenal mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh, juga mampu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Jagalah kebersihan diri dan lingkungan, agar kuman penyakit tidak lagi menghampiri diri kita.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Stawree
admin
9 Mei 2019 23.51 ×

Iya nih gan, betul banget. Terima kasih penjelasannya sangat terbantu saya dengan kondisi saya ini
Radang tenggorokan

Congrats bro Stawree you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment