Sumber Penghasilan Blogger Bisa Dari Mana Saja

Saat ini, penulis blogger di Indonesia sangatlah banyak. Tidak hanya menulis untuk menyalurkan hobi saja, namun banyak juga penulis-penulis yang menjadi full time blogger. Keputusan ini mungkin menimbulkan pertanyaan bagi beberapa khalayak. Dari mana sumber penghasilan blogger sehingga seseorang berani menjadi full time blogger?

Mari berpikir sejenak.

Blogger menghasilkan karyanya melalui tulisan. Jika tulisan yang dihasilkan bisa menarik pengunjung (bisa lewat search engine atau share di sosial media), maka penghasilan melalui blog bisa didapatkan dari sana. Kok bisa ya? berikut detail tentang apa saja sumber penghasilan blogger.

1. AdSense

Sumber penghasilan blogger yang satu ini sudah bukan rahasia lagi. Banyak blogger yang mendapatkan penghasilan besar dari adsense. Apalagi orang-orang yang memiliki blog bule (konten luar negeri). Adsense memungkinkan blogger untuk menambahkan script ads di blog yang mereka punya, sehingga google bisa menampilkan iklan berupa banner / text di blog tersebut. Berikut beberapa contoh tampilan adsense.

adsense sumber penghasilan blogger
contoh adsense


AdSense menerapkan konsep paid per click. Dimana setiap orang yang meng-klik iklan pada suatu blog, maka blog tersebut akan mendapatkan penghasilan di dashboard adsense nya. selain AdSense, masih banyak platform iklan lain yang memiliki konsep yang sama. Namun, sampai saat ini saya masih menemukan bahwa AdSense masih menjadi yg terdepan sebagai platform iklan blogger.

Meskipun begitu, bagi blogger yang menargetkan pembaca indonesia, penghasilan AdSense tidak cukup besar. paid per click yang dihasilkan untuk pembaca indonesia tidak sebesar blog blog luar negeri. Maka dari itu, agak sulit jika penghasilan blogger "hanya" mengandalkan AdSense saja.

2. Content Placement

Content placement adalah salah satu sumber penghasilan blogger yang cukup potensial. Dengan banyaknya pengunjung pada blogger, brand akan tertarik untuk memasang iklan berupa artikel atau banner.

Kenapa sumber penghasilan yang satu ini dapat dibilang cukup potensial? tentunya karena biaya content placement terbilang cukup tinggi. Sekali posting, blogger bisa mendapatkan 100 - 300 ribu rupiah. Bahkan, untuk blog yang cukup mature, pendapatan per post nya bisa mencapai 500 - 1 juta rupiah.

Itulah alasan mengapa content placement adalah sumber penghasilan yang cukup menggiurkan bagi para blogger. Namun, untuk menarik perhatian brand tentu tidak mudah. Blogger harus berusaha secara bertahap untuk mencapainya. Ada yang 1 - 2 tahun perjuangan membangun blog (dari awal), barulah sang creator content mendapatkan penghasilan dari content placement. Mungkin tidak berlebihan jika blog / domain disebut-sebut sebagai investasi jangka panjang.

Trik agar blogger mendapatkan content placement dengan cepat

Karena lamanya membangun sebuah blog agar mendapatkan content placement dari brand besar, maka sejumlah blogger mencoba beberapa jalan pintas untuk mendapatkannya. Beberapa tahap agar blogger mendapatkan content placement dengan cepat adalah :
  1. Mencari expired domain yang sudah memiliki authority tinggi.
  2. Mengoptimasi domain tersebut dengan konten-konten secara rutin.
  3. Setelah 1 - 3 bulan, domain tersebut akan lebih berpotensi untuk dihubungi oleh para advertiser.
  4. Di samping itu, para blogger bisa submit blog nya di platform-platform pencari publisher yang sudah banyak tersedia di Indonesia.

3. Safelink

Safelink adalah salah satu sumber penghasilan blogger yang cukup menarik untuk dipelajari. Safelink blogger memungkinkan para blogger untuk menanamkan link downloadnya pada halaman safelink. Pada halaman safelink ini, blogger dapat memasang banyak iklan yang menambah penghasilannya. Gambar di bawah ini mungkin dapat mengingatkanmu soal bagaimana bentuk dari safelink itu sendiri:

safelink sumber penghasilan blogger
contoh safelink blogger

Biasanya, pemasangan safelink ini dilakukan oleh blogger-blogger yang memiliki blog untuk mendownload file. Dengan safelink, blogger bisa mendapatkan lebih banyak hasil dari iklan. Hal itu dikarenakan iklan dapat ditampilkan di blog asli dan sekaligus juga di halaman safelink yang dibuat.

Untuk lebih memahami tentang safelink blogger, kamu dapat melihat secara detailnya di sini : Safelink Blogger

4. Review Produk

Review produk sedikit mirip dengan content placement. Bedanya, pada content placement, blogger mendapat penghasilan dari content yang disediakan oleh si pemilik brand, sementara review produk adalah konten yang dihasilkan "murni" dari pengalaman si blogger saat menggunakan brand advertiser yang menyewanya.

Keuntungan dari review produk ini sendiri tidak hanya berupa uang. Blogger yang mendapat jasa review produk biasanya juga mendapatkan banyak koleksi produk dari brand-brand yang menyewa jasanya.

5. Program Affiliate

Program affiliate / afiliasi adalah program yang memungkinkan blogger untuk menanamkan link afiliasi pada blognya. Link afiliasi tersebut biasanya mengarah pada situs jual beli. Jika terjadi pembelian yang berasal dari link tersebut, maka blogger akan mendapatkan keuntungan berupa persentase dari transaksi yang terjadi.

Nah, itulah 4 sumber penghasilan blogger yang bisa didapatkan dari blog yang dimilikinya. Tidak mengherankan jika menjadi seorang blogger menjadi profesi utama seseorang. Selain bisa menyalurkan hobi, menjadi seorang blogger juga dapat menghasilkan pendapatan yang menjanjikan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment