Hati-hati, Smartphone Dapat Menyebabkan Alergi Kulit

Alergi kulit merupakan penyakit yang meresahkan. Gejala alergi kulit bisa berupa ruam dan gatal yang tidak tertahankan. Penyebab alergi kulit inipun bermacam-macam. Bisa karena makanan, cuaca, atau unsur asing yang dianggap bahaya bagi tubuh.

Ternyata, ada hal lain yang tidak disangka-sangka dapat menyebabkan alergi kulit. Ternyata, smartphone juga berpotensi menyebabkan alergi pada kulit. Alergi yang dapat ditimbulkanpun bermacam-macam. Bisa berupa ruam, kulit bersisik, atau iritasi pada kulit.

Smartphone merupakan barang yang sangat membuat kita ketergantungan. Terlebih di zaman digital seperti saat ini. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar smartphone tidak berbahaya bagi penggunanya.

Image result for dermatitis ponsel
Keseringan Menggunakan Ponsel

Penyebab Smartphone dapat Menyebabkan Alergi Kulit

Peneliti banyak yang sudah melakukan penelitian terhadap alergi kulit akibat ponsel ini. Mereka menyebut alergi terhadap ponsel ini sebagai dermatitis ponsel.

Para peneliti mengungkapkan bahwa dermatitis ponsel dapat muncul karena adanya zat kimia pemicu pada ponsel. Zat kimia tersebut antara lain seperti nikel, krom, dan kobalt. Zat kimia ini dapat memicu alergi pada kulit.

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Marcella Aquino, sekitar 29,4 persen dari model Blackberry diuji positif mengandung nikel, 90,5 persen dari ponsel flip positif mengandung nikel, dan sekitar 52 persen dari ponsel flip memiliki kobalt.

Berdasarkan hasil studi ini, nikel memiliki peran dalam hal menimbulkan alergi. Sebanyak 28% kasus alergi pada orang dewasa disebabkan oleh zat nikel ini. Hasil studi itu juga menunjukkan bahwa ada kontribusi lain dari radiasi elektromagnetik yang menyebabkan munculnya alergi.

Gejala dari Alergi Kulit Karena Ponsel

Gejala dari alergi kulit ini bermula dari iritasi kulit. Keluhan dermatitis ponsel biasa terjadi di pipi dan telinga. Namun, itu tergantung dengan kebiasaan dari penggunanya.

Paha juga bisa menjadi tempat munculnya ruam. Hal ini dikarenakan kebiasaan dalam mengantongi ponsel. Ruam yang muncul ini kemungkinan muncul karena alergi akibat nikel atau krom.

Lamanya kontak kulit dengan alergen juga bisa memperparah alergi kulit. Hal ini bisa membuat warna kulit menggelap (hiperpigmentasi) dan jaringan kulit.

Cara Mencegah Dermatitis Ponsel

Mengurangi penggunaan ponsel yang mengandung alergen adalah salah satu cara mencegah dermatitis ponsel. Namun, daripada mengorbankan smartphonemu, ada cara lain yang cukup efektif untuk mencegahnya, yaitu:

  1. Gunakan case pada smartphonemu untuk menghindari kontak langsung dengan kulit.
  2. Jangan terlalu lama dan sering saat menelepon.
  3. Gunakan handsfree atau loudspeaker saat menelepon untuk menghindari kontak langsung dengan ponsel.
  4. Simpan ponsel di tas atau meja saat tidak digunakan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment