Kenali Penyakit Saluran Pencernaan Kronik


Gangguan di saluran pencernaan yang bersifat kronik atau berlangsung dalam jangka waktu lama seringkali menyebabkan mual dan muntah, selain diare, konstipasi, dan nyeri atau tidak nyaman di rongga perut. Yang dimaksud dengan gangguan perut kronik misalnya intoleransi makanan, seperti penyakit Celiac dan intoleransi laktosa.  Sindrom iritasi usus besar (IBS) juga merupakan gangguan pencernaan yang kerap ditemui. IBS menyebabkan gejala seperti kembung, mual, muntah, heartburn (rasa seperti terbakar di ulu hati), kelelahan, dan kram perut berulang. Penyakit ini disebabkan oleh satu bagian usus besar yang menjadi terlalu aktif. Dokter biasanya mendiagnosis IBS dengan cara mengidentifikasi gejalanya terlebih dahulu.

Image result for masalah saluran pencernaan
Penyakit Saluran Pencernaan

Penyakit Crohn merupakan penyakit peradangan pada usus. Namun, penyakit ini juga bisa menyerang saluran pencernaan di bagian manapun. Penyakit Crohn termasuk penyakit autoimun, dimana tubuh menyerang jaringan pencernaan sehat sendiri, sehingga menyebabkan inflamasi, mual, muntah, dan nyeri. Dokter biasanya mendiagnosis penyakit Crohn menggunakan kolonoskopi. Terkadang, dokter juga membutuhkan contoh feses pasien untuk membantu diagnosisnya. Gaya Hidup Tidak Sehat, Penyebab muntah pada anak dan penanganannya. Contohnya saja mengonsumsi minuman yang tidak sehat, yang bisa merusak dinding saluran pencernaan. Minuman tersebut juga bisa menimbulkan reaksi negatif dengan asam perut. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan mual dan muntah.

Kondisi Serius yang Menyebabkan Mual dan Muntah, Meskipun langka, muntah bisa disebabkan oleh kondisi yang lebih serius, seperti, Meningitis, Apendisitis, Tumor otak, Migrain, Kalau Kamu sering muntah tanpa sebab yang jelas, segera hubungi dokter. Mengobati Mual dan Muntah, Kamu bisa melakukan banyak cara untuk meredakan mual dan muntah. Penanganan non obat bisa dilakukan dengan mengubah pola makan yaitu mengonsumsi makanan yang tidak terlalu "berat". Hindari makanan yang memiliki aroma kuat, terlalu manis, atau terlalu berminyak. Kamu juga bisa minum air dingin atau teh jahe hangat. Kalau sudah muntah, usahakan jangan makan terlalu banyak dan minum banyak air putih supaya tetap terhidrasi. Istirahat juga penting ketika Kamu merasa mual dan muntah, banyaknya penyakit serius karena muntah menyebabkan berbagai masalah, maka dari itu tetap jaga kondisi tubuh, dan pola hidup lebih sehat agar Usus dan pencernaan anak sehat, dan keluarga terhindar dari penyakit.

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment